Bagaimana Mengajak Anak Minum Air Putih

March 6, 2020

 

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Sehingga konsumsi air mejadi salah satu faktor penentu kesehatan kita. Termasuk kesehatan anak-anak.

Tahukah ibu, air putih punya banyak fungsi, di antaranya:

-Menjaga suhu tubuh

-Membuat kulit sehat

-Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

-Memaksimalkan kerja fungsi otak

-Meningkatkan konsentrasi belajar

-Memperlancar sistem pencernaan

-Melumasi persendian

-Mengendalikan konsumsi kalori

-Membantu proses pembuangan sisa metabolisme

Kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi, juga risiko sembelit dan obesitas pada anak. Rendahnya konsumsi air putih juga bisa menghambat perkembangan otak Si Kecil. Berbahaya sekali ya Bu kalau kebutuhan air anak tidak terpenuhi.

Lantas, berapa kebutuhan air putih anak sebenarnya? Setiap rentang usia memerlukan volume air putih yang berbeda.

Anak usia 7-12 bulan kebutuhan airnya sekitar 800 mililiter. Lalu bertambah menjadi 1,3 liter saat anak berumur 1-3 tahun. Anak semakin tumbuh besar, maka kebutuhannya meningkat. Hingga 1,7 liter untuk anak 4-8 tahun. Jika Si Kecil sudah berusia 9 tahun ke atas, kebutuhan airnya sama dengan orang dewasa. Sekitar 2,1-2,4 liter.

Untuk memastikan kebutuhan air putih anak terpenuhi, ada tips yang bisa diikuti oleh ibu. Jelaskan dulu manfaat air putih dengan cara yang menyenangkan. Sekarang juga ada buku anak-anak yang bisa membantu menerangkannya dengan cerita.

Lalu, tips-tips lain seperti di bawah juga bisa diikuti:

Biasakan anak meminum air putih pada waktu tertentu

Misalnya sebelum dan setelah bangun tidur, sebelum dan sesudah makan. Atau setelah beraktivitas. Jika anak dibiasakan melakukannya, maka ini akan menjadi kebiasaan rutin. Anak akan melakukannya tanpa sadar.

Letakkan air di tempat yang mudah dilihat

Ibu bisa menyediakan air di sekitar tempat anak beraktivitas. Seperti kamar Si Kecil, ruang makan dan ruang keluarga. Bekali juga anak dengan air putih saat akan bepergian.

Pilih tempat minum yang lucu

Tempat minum dengan bentuk kesukaannya akan membuat anak senang meneguk air. Anak pun akhirnya tidak perlu diingatkan lagi. Pilih saja tempat minum dari bahan yang aman.

Kebutuhan airnya juga bisa dilengkapi dengan konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air.

Semoga ibu tidak lagi kesulitan memenuhi kebutuhan air sang buah hati ya.

Kembali ke Kumpulan Artikel