6 Tips Mudah Berenang Bersama Si Kecil

May 24, 2019

 

Bermain – main bersama Si Kecil tak pernah terasa membosankan. Apalagi jika bisa dilakukan sambil mengajarkan hal baru kepadanya, misalnya berenang. Dengan berenang, Si Kecil akan belajar kontak langsung dengan lingkungan yang berbeda dan melatih motoriknya. Berenang juga dapat memperkuat ikatan Ibu dengan Si Kecil, lho.

Bila si Kecil belum berusia satu tahun, baiknya berenang sesekali saja ya, Bu. Nah, saat Si Kecil sudah menginjak usia 6 bulan, Ibu bisa mengajaknya berenang di kolam yang dangkal.

Sebelum berenang, tentu saja Ibu perlu menyiapkan beberapa hal untuk si Kecil, seperti pakaian renang, popok yang nyaman untuk berenang (swim diapers), handuk, tabir surya untuk bayi, popok ganti, susu hangat/MPASI (jika sudah memasuki usianya), dan bahkan pelampung dan mainan. Tapi dari semua itu, yang terpenting, pastikan si Kecil dalam kondisi yang sehat.

Lalu bagaimana cara berenang bersama Si Kecil? Ini dia, Bu:

  1. Percikan air

Percikkan dahulu secara perlahan dan bertahap mulai dari kaki si Kecil, badan, tangan, hingga kepalanya agar ia tidak kaget dan merasa lebih relaks saat berenang.

  1. Pegang erat Si Kecil

Begitu si Kecil sudah relaks di dalam kolam renang, Ibu harus selalu memegangnya dengan erat dan menjaganya agar ia tetap berada di dekat Ibu. Saat Si Kecil mulai bisa menikmati aktivitas berenang, Ibu bisa mencoba menjulurkan lengan Ibu sambil menggerakkan Si Kecil ke sekitar.

  1. Contohkan meniup gelembung

Mengajarkan Si Kecil meniup gelembung saat berenang merupakan pelajaran penting, karena bila ia bisa meniup gelembung, air tidak akan terhirup ke dalam hidungnya. Caranya, letakkan mulut Ibu di bawah air, kemudian tiup di depan si Kecil yang ada di hadapan Ibu untuk memberinya contoh.

  1. Buat Si Kecil bergerak

Letakkan tangan Ibu di ketiak si Kecil, lalu gerakkan ke depan dan ke belakang. Posisi ini dapat membuat kaki si Kecil menendang – nendang di dalam air, sekaligus menjaganya tetap hangat.

  1. Buat suasana ceria

Tunjukkan ekspresi ceria dan berikan pujian kepada Si Kecil selama berenang. Ekspresi senang Ibu dapat membuat Si Kecil ikut merasa senang dan aman untuk bermain di dalam air.

  1. Berenang dengan mainan

Bagus lho, Bu, untuk menyediakan mainan warna-warni seperti bola selama Ibu dan si Kecil berenang bersama. Dengan begitu, momen berenang Ibu dan si Kecil akan terasa lebih menyenangkan dan si Kecil pun tetap gembira.

Untuk momen berenang pertama, tidak perlu terlalu lama, Bu. Cukup 10-15 menit. Begitu si Kecil terlihat menggigil, segeralah keluar dari kolam renang dan balut ia dengan handuk agar tubuhnya kembali hangat.

Untuk memberi kehangatan kepada Si Kecil setelah berenang, Ibu bisa membalurkan Transpulmin Baby ke dada, punggung, dan lehernya. Kandungan bahan alami Transpulmin Baby mampu memberikan sensasi hangat dan membuat si Kecil relaks. Transpulmin Baby telah direkomendasikan para ahli dan dapat digunakan untuk si Kecil usia 0 – 24 bulan (2 tahun).

Kembali ke Kumpulan Artikel