Mengapa Perut Bayi Bisa Kembung?

May 16, 2019

Pada orang dewasa, perut kembung sudah menjadi hal yang wajar. Biasanya terjadi karena telat makan, berada di tempat berangin kencang, atau mengonsumsi kafein secara berlebih.

Tapi, tahukah Ibu, bahwa tanpa melewati ketiga hal tersebut, bayi Ibu ternyata juga bisa mengalami perut kembung? Mengapa ya perut bayi bisa kembung?

Karena saluran pencernaannya belum berfungsi sempurna, sebenarnya masih hal yang wajar bila bayi berusia tiga bulan mengalami perut kembung, Bu. Seiring bertambahnya usia si Kecil dan ia mulai mengonsumsi selain ASI, makanan yang masuk ke dalam tubuhnya bisa menjadi penyebab ia mengalami perut kembung.

Saat perut bayi kembung, yang bisa dilakukannya hanya menangis, sebab bayi belum mampu mengeluarkan gas di dalam perutnya dengan mudah dan membutuhkan bantuan untuk mengeluarkannya. Jika Si Kecil sering menggeliat dan melengkungkan punggungnya ke belakang sambil mengangkat kedua kakinya, itu bisa menjadi pertanda Si Kecil sedang kembung.

Ketika hal ini terjadi, eluslah perut Si Kecil. Jika perutnya terasa agak keras dan si Kecil beberapa kali buang angin, artinya ia memang sedang mengalami perut kembung, Bu.

Bila si Kecil yang masih minum ASI mengalami perut kembung, perlu Ibu ketahui bahwa itu bisa saja disebabkan oleh makanan yang Ibu konsumsi. Oleh sebab itu, Bu, hindarilah makanan yang dapat memicu gas, seperti kembang kol, kubis, brokoli, bawang, dan kentang. Gula yang terkandung dalam jus buah juga bisa memicu perut kembung pada si Kecil.

Jika si Kecil sudah menggunakan botol susu, pastikan dotnya memiliki lubang di bagian pinggirnya untuk menjaga udara keluar masuk.

Ada beberapa cara yang dapat Ibu lakukan saat perut Si Kecil kembung, yaitu:

Kembali ke Kumpulan Artikel