5 Hal yang Perlu Ibu Tahu tentang Si Kecil yang Baru Lahir

May 10, 2019

Sebagai Ibu, kehadiran Si Kecil di dalam keluarga tentu sangat dinantikan. Merawat bayi menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua baru, sebab bayi membutuhkan ekstra perhatian dan orang tua baru belum terbiasa merawat bayi. Ditambah lagi, ada begitu banyak hal yang pasti terasa tidak awam. Segala hal tentang bayi yang baru lahir pun terasa lebih menarik.

Berikut ini hal yang perlu Ibu tahu dalam merawat Si Kecil yang baru lahir:

  1. Si Kecil harus menyusu tiap 1 – 2 jam

Si Kecil yang baru lahir memiliki lambung yang masih kecil. Maka untuk menjaganya tidak kelaparan, Ibu perlu memberinya susu dalam jumlah yang sedikit namun sering. Biasanya bayi akan menyusu tiap 1 – 2 jam dalam beberapa hari pertamanya. Bila Si Kecil tidur di jadwalnya menyusu, Ibu boleh membangunkannya. Pastikan Si Kecil tidak tertidur saat menyusu.

  1. Si Kecil tidur 16 -18 jam per hari

Si Kecil yang baru lahir memang memiliki waktu tidur yang panjang. Ia bisa tidur sekitar 1 – 2 jam dalam sekali waktu tidur. Usahakan Si Kecil tidak terbangun saat tidur malam. Kelak ketika sudah memasuki usia 6 bulan, sebagian besar anak akan tidur selama 6 jam pada malam hari.

  1. Si Kecil sering gumoh

Gumoh, atau dalam istilah medis disebut refluks gastroesofageal, terjadi setelah bayi minum susu, lalu mengeluarkan lagi susu tersebut dari mulutnya. Ini terjadi karena katup pemisah antara esofagus dan lambung bayi belum berfungsi sempurna. Selain itu, ukuran lambung bayi yang kecil juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Untuk mencegah gumoh, posisikan Si Kecil dalam keadaan tegak di pelukan Ibu selama 30 menit setelah menyusu dan biarkan ia sendawa.

  1. Si Kecil punya kulit sensitif

Menjaga kebersihan kulit Si Kecil yang baru lahir sangat penting, Bu. Terlebih kebersihan kulit bokongnya, karena kerap kali pada bokong terjadi ruam popok. Seringlah ganti popok untuk menghindari ruam. Gunakan air hangat dan kapas halus ketika membersihkan bokongnya, lalu keringkan dengan handuk yang lembut.

  1. Si Kecil butuh kehangatan

Si Kecil yang baru lahir belum bisa mengatur suhu tubuhnya seperti orang dewasa. Salah satu sebabnya karena tubuh bayi belum memiliki banyak lemak yang berfungsi menjaga tubuh tetap hangat. Usahakan agar bayi tidak kedinginan atau kepanasan

Untuk menjaga tubuh Si Kecil tetap hangat, Ibu bisa bantu hangatkan Si Kecil dengan membalurkan Transpumin Baby pada dada, punggung, dan lehernya. Transpulmin Baby dapat digunakan untuk Si Kecil berusia 0 – 24 bulan (2 tahun). Transpulmin telah direkomendasikan oleh para ahli.

Kembali ke Kumpulan Artikel