Hindari Kebiasaan Mengisap Jempol

May 7, 2019

Bayi memiliki refleks untuk mengisap, seperti kemampuan untuk menyusu. Refleks ini berguna baginya untuk mendapatkan makanan, kenyamanan, dan keamanan. Si Kecil yang tidak terus menerus menyusu pada ibunya, secara otomatis akan memasukkan ibu jarinya ke dalam mulut. Apakah kebiasaan mengisap ibu jari ini baik?

Mengisap ibu jari memang dapat membuat si Kecil merasa lebih nyaman. Tapi ia belum punya kesadaran mengenai kebersihan. Jika dibiarkan mengisap ibu jari dalam waktu yang lama, ini bisa menyebabkan masalah pada kulit, kuku ibu jarinya, serta gigi. Selain itu, berbagai jenis bakteri penyakit juga dapat tumbuh.

Agar kebiasan si Kecil mengisap ibu jari ini hilang, ada beberapa tips yang bisa Ibu lakukan. Apa saja itu?

  1. Perhatikan tanda Si Kecil lapar

Mengisap ibu jari bisa berarti Si Kecil lapar. Jika ia terlihat mengisap jempol beberapa jam setelah makan, Ibu bisa memberinya makan lagi walaupun belum masuk jadwal makan.

  1. Ganti kebiasaan

Untuk mengganti kebiasaan Si Kecil mengisap ibu jari, berikan aktivitas lain yang membuat jemarinya sibuk, misalnya memberi mainan yang dapat ia tekan – tekan.

  1. Berikan rasa nyaman

Si Kecil mengisap ibu jari untuk mencari kenyamanan. Ibu bisa coba mencari rasa nyaman lain untuknya dengan memutar lagu yang tenang, menggenggam tangannya, dan memberikan perhatian yang lebih untuknya.

Mengisap ibu jari memiliki dampak bagi Si Kecil di kemudian hari. Semoga tips ini dapat mengurangi kebiasaannya mengisap ibu jari ya, Bu.

Kembali ke Kumpulan Artikel