Mengenal Alergi Antibiotik

May 3, 2019

 

Mengonsumsi antibiotik dapat membantu kekebalan tubuh menjadi lebih kuat setelah sakit. Namun, karena pemberian antibiotik tidak bisa dilakukan secara sembarang, maka ketika Ibu ingin memberikannya pada si Kecil, pastikan pemberiannya sudah sesuai dengan petunjuk dari dokter ya, Bu.

Pada beberapa kasus, konsumsi antibiotik dapat menyebabkan ruam atau gatal – gatal pada kulit Si Kecil. Saat ini terjadi, bisa jadi ia mengalami alergi antibiotik. Apakah ini berbahaya untuknya?

Ketika Si Kecil gatal – gatal setelah mengonsumsi antibiotik, tak perlu khawatir, Bu. Dengan penanganan yang tepat, Ibu bisa mengatasi hal ini.

Alergi antibiotik adalah suatu reaksi kekebalan tubuh yang berlebihan terhadap kandungan di dalam antibiotik.  Kejadian ini rentan terjadi pada anak yang memiliki riwayat keturunan alergi antibiotik, memiliki riwayat alergi obat, alergi makanan, rinitis alergi, atau asma.

Selain ruam dan gatal – gatal, gejala alergi antibiotik pada si Kecil juga ditandai dengan:

Gejala alergi antibiotik pada anak biasanya muncul 1 – 2 jam setelah minum obat. Tapi setiap anak memiliki waktu reaksi alergi yang berbeda. Jika terjadi pada Si Kecil, sebaiknya Ibu menghentikan konsumsi antibiotik, kemudian mengkonsultasikannya pada dokter dan hindari memberikan antibiotik yang sama.

Selain untuk pilek batuk, saat Si Kecil yang berusia di atas 2 tahun mengalami sakit kepala dan sakit perut, balurkan Transpulmin Kids untuk mengatasinya. Sejak lebih dari 30 tahun, Transpulmin telah direkomendasi oleh para ahli.

Kembali ke Kumpulan Artikel