Olahraga yang Tepat untuk Si Kecil

April 15, 2019

Menginjak usia balita, Si Kecil mulai aktif bergerak mengeksplor lingkungannya. Disaat ini sebenarnya adalah waktu yang baik bagi ibu untuk mengajarkan Si Kecil gaya hidup sehat dengan berolahraga. Membiasakan SI Kecil berolahraga sejak dini, sangat penting untuk sehatannya sekarang dan nanti.

Karena olahraga dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan otot, meningkatkan kekebalan tubuh, mengasah kemampuan motorik, hingga mencegah risiko penyakit berat seperti darah tinggi, obesitas, diabetes, hingga kanker. Tak cuma menjaga fisik, berolahraga dapat menjaga kesehatan mental dan psikologis Si Kecil.

Lalu, apakah balita bisa melakukan semua olahraga seperti orang dewasa? Tidak bu, olahraga balita tentu harus di sesuaikan dengan kemampuan motoriknya. Olahraga bagi balita lebih ditekankan untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan, mengenal orang-orang baru di lingkungan sekitarnya, dan belajar hal-hal baru.

Olahraga untuk balita ternyata juga harus disesuaikan dengan usianya bu, ibu mau tahu seperti apa? Yuk simak berikut ini.

Pada usia 6 bulan pertama, ajarkan Si Kecil untuk memegang benda dan menggenggamnya. Perlahan ibu ajarkan menengok ke kanan, kiri, atas, dan bawah, merenggangkan tangan dan kaki, dan melakukan gerakan mendorong dengan kaki.

Pada 6 bulan kedua, ajarkan Si Kecil untuk melakukan gerakan berpindah seperti merangkak hingga belajar memindahkan objek dengan tangan, seperti bermain dengan bola.

Di usia ini berikan Si Kecil kesempatan untuk mengeksplorasi tempat baru dengan jalan – jalan. Sesekali ibu bisa mengajaknya untuk berlompat – lompat, berlari di jarak dekat, atau memanjat, jika ada fasilitas yang aman. Lakukan aktivitas ini secara teratur setidaknya 30 menit dalam sehari. Tujuannya untuk melatih kebugaran jantung dan paru – paru, meningkatkan kekuatan otot, dan membakar kalori.

Di usia ini kemampuan motorik anak sudah cukup baik. Ibu bisa mengajaknya melakukan ragam aktivitas yang lebih banyak lagi misalnya, bersepeda, berenang, atau ibu mengajaknya lomba lari, dan lain – lain. Lakukan aktivitas fisik terstruktur secara rutin dalam satu hari setidaknya 60 menit.

Olahraga memang sangat bermanfaat untuk Si Kecil. Namun, jangan paksakan Si Kecil untuk berlahraga, karena jika dipaksa akan membuatnya tidak mau lagi berolahraga. Ciptakan suasana olahraga yang menyenangkan agar Si Kecil tetap penasaran dengan aktivitas lainnya.

Kembali ke Kumpulan Artikel