Bagaimana Posisi Tidur yang Aman untuk Si Kecil?

April 11, 2019

Si Kecil yang berusia 4 – 7 bulan akan banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Mereka memerlukan waktu tidur 12 sampai 15 jam dalam sehari. Dalam waktu sepanjang itu, Si Kecil pasti akan tidur dalam berbagai posisi seperti, telentang, tenngkurap, atau dalam posisi miring.

Namun, ternyata tidak semua posisi tidur tersebut aman untuk bayi lho, bu. Ibu perlu mengetahui posisi tidur yang aman untuk Si Kecil dan menghindari posisi yang berbahaya untuknya. Sebuah hasil studi mengungkapkan bahwa bayi tidur dalam posisi miring harus dihindari.

Posisi tidur miring dapat membahayakan kesehatan Si Kecil. Bayi tidur miring sering mengubah posisi tidurnya menjadi tengkurap, yang membuat perutnya berada di posisi bawah.

Tidur tengkurap berbahaya untuk pernapasan Si Kecil. Saat tidur tengkurap wajah bayi terlalu dekat dengan sprei yang membuatnya menghirup udara yang sama dan tidak mendapat oksigen yang cukup. Juga mikroba yang menempel di sprei dapat mengganggu pernapasannya.

Posisi tidur tebaik untuk Si Kecil adalah telentang. Pada usia 0 – 6 bulan penting untuk Si Kecil tidur dalam posisi telentang. Disarankan Si Kecil tidur dalam posisi telentang hingga menginjak usia tahun pertamanya. Posisi tidur ini telah terukti dapat meminimalisir sindrom kematian bayi mendadak sebanyak 50 persen.

Selain posisi tidur, agar bayi tidur aman dan nyaman ibu juga perlu memerhatikan hal lain. Diantaranya, menjauhkan mainan dan boneka dari tempat tidur Si Kecil, menjaga suhu ruangan tetap sejuk, gunakan pakaian tidur yang tidak membuatnya kepanasan, dan gunakan Transpulmin Baby sebelum tidur.

Selain efektif untuk atasi pilek batuk Si Kecil, kandungan bahan alami Ekstrak Bunga Chamomile dan Eucalyptus Oil di Transpulmin Baby mampu memberikan relaksasi untuk Si Kecil. Transpulmin telah direkomendasikan para dokter sejak 30 tahun lalu. Aman untuk kulit Si Kecil sejak usia 0 bulan – 24 bulan (2 tahun).

Kembali ke Kumpulan Artikel