Berapa Lama Si Kecil Boleh Bermain Gadget?

April 8, 2019

Beberapa belas tahun ke belakang, kita masih sering melihat anak kecil asik bermain di luar atau memainkan mainan berbentuk fisik. Namun, kini kita lebih banyak melihat anak kecil bermain dengan gadget. Ya itulah bukti sebuah kemajuan teknologi, mampu mentransformasi segala sesuatu.

Sebenarnya tidak ada yang salah Si Kecil bermain dengan gadget, Karena dengan teknologi membantu Si Kecil untuk bisa bermain tanpa repot. Namun, sekarang ini Si Kecil hampir di segala umur tidak ingin lepas dari gadgetnya. Sampai saat makan saja Si Kecil hanya mau makan sambil bermain gadget. Apakah ibu ada yang merasakan hal serupa?

Menurut hasil studi, kecanduan gadget berisiko besar terhadap perkembangan otak Si Kecil. Kemungkinan akan berpengaruh pada kemampuan Si Kecil dalam konsentrasi, fokus, membangun kosakata, sampai kemampuan berkomunikasi dengan orang lain.

Untuk menghindari kejadian tersebut, para ahli menyarankan waktu maksimal Si Kecil mengakses gadget adalah 1-2 jam per hari. Tapi pembatasan jam ini juga perlu disesuaikan dengan usianya:

Ibu sebaiknya hindari memberikan gadget yang dikhususkan menjadi milik anak sendiri. Tak hanya Si Kecil yang punya batasan menggunakan gadget, ibu dan ayah juga diharap membatasi penggunaan gadget saat bersama Si Kecil. Agar Si Kecil juga tidak menuntut hal yang sama. Lakukanlah kegiatan lain yang tak kalah menyenangkan bersama Si Kecil seperti, menggambar, berenang, atau mengajaknya bermain sepeda.

Kembali ke Kumpulan Artikel