Bayi Tidur Bersama Orang Tua, Apakah Aman?

April 5, 2019

Bagi ibu yang memiliki bayi, berada jauh dari bayi pasti sulit sekali ya bu. Hampir di segala aktivitas, ibu lakukan tanpa meninggalkan Si Kecil. Bahkan sampai tidur di malam hari, ibu tidur satu kasur dengan SI Kecil, dengan tujuan agar bayi selalu terjaga dan tenang ada di samping ibu. Namun, ternyata hal ini sebaiknya tidak dilakukan bu. Mengapa demikian?

Pakar SIDS menyatakan, bayi yang tidur bersama orang dewasa memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami hambatan pada jalur pernapasannya, kepanasan, menghirup kembali udara yang dikeluarkan, serta kepalanya bisa tertutup.

Selain itu, tempat tidur orang dewasa tidak aman untuk bayi. Karena kasur orang dewasa tidak dirancang khusus untuk keamanan bayi. Tidur di sofa bersama bayi juga berisiko terjadinya SIDS.

Bukan hanya berdampak pada Si Kecil, tidur bersama Si Kecil dalam satu tempat tidur juga berdampak pada ibu. Berbagi tempat tidur bersama Si Kecil membuat ibu harus terus waspada sepanjang malam karena ibu tidak ingin menyakitinya tanpa sengaja. Akibatnya ibu jadi kurang waktu untuk tidur.

Demi keamanan bayi saat tidur, sebaiknya ibu tidak memaksakan diri tidur bersama buah hati tercinta tidur di Kasur yang sama. Jika ibu tetap ingin tidur bersama bayi, ibu bisa mencari solusi lain dengan menempatkan tempat tidur bayi di samping kasur ibu. Agar bayi tetap merasa dekat dan ibu tetap mudah menyusuinya.

Kembali ke Kumpulan Artikel