Tips Merangsang Si Kecil Berbicara

March 18, 2019

Berbicara merupakan kemampuan paling penting untuk semua anak. Salah satu cara yang bisa dilakukan sebagai orang tua untuk mengajarkan Si  Kecil adalah dengan mengajaknya berbincang. Kemampuan bicara Si Kecil akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia.

Jika di usia 6 bulan SI Kecil sudah mulai bisa mengucapkan beberapa patah kaa seperti “ba-ba” atau “ma-ma”, maka di usia 12 bulan mungkin ia sudah dapat mengucapkan beberapa kata sederhana dan mampu menanggapi apa yang ibu bicarakan.

Selain mengajaknya berbincang, agar kemampuan Si Kecil berbicara dan berkembang, ada beberapa cara yang bisa ibu coba sendiri, yaitu:

Berapapun usia Si Kecil, tidak ada salahnya ibu membackan cerita untuknya. Ibu bisa memulainya dengan membacaka buku yang mengandung lebih banyak gambar daripada cerita. Selain untuk mengajari anak berbicara, membacaka buku akan mengembangkan kegemaran Si Kecil terhadp buku.

Mebuat cerita yang menarik untuk Si Kecil dan tidak neakutkannya juga dapat menjadi pengalaan tersendiri untuk ibu dan Si Kecil. Buat cerita bersama dengan menampilkan berbagai tokoh, konflik, dan petualangan.

Anak – anak menyukai musik dan gerakan. Saat mereka mendengarkan musik, mereka belajar tentang irama, bahasa, dan dunia di sekitarnya. Perdengarkan musik untuk Si Kecil sesuai usianya ya bu.

Saat ibu sudah sering mengajaknya berbincang, ibu bisa coa memulai topik pembicaraan dengan Si Kecil dengan pertanyaan sederhana tentang benda – benda yang ada di sekitar. Coba minta kepada Si Kecil untuk mendekripsikan benda tersebut, misalnya bunga, daun, pohon, meja kursi dan lain – lain. Ibu juga perlu mengajaknya ke tempat – tempat rekreasi seperti museum, pantai, atau kebun binatang untuk memberikannya pengetahuan baru dan memancingnya untuk mulai berani.

Meski Si Kecil belum memahami kata – kata yang ibu ucapkan, Si Kecil akan menyerap hal-hal yang didengarnya. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang berada dalam keluarga yang banyak berbicara akan memiliki IQ yang lebih tinggi di usia 3 tahun, daripada bayi yang keluarganya pendiam.

Kembali ke Kumpulan Artikel