Apa Fakta & Mitos Pertumbuhan Si Kecil?

March 14, 2019

 

Bagi sebagian besar orang tua yang baru memiliki buah hati, pasti selalu ingin memberikan yang terbaik dan paling spesial untuk Si Kecil. Tak Cuma itu, sebagai orang tua juga tidak ingin melewatkan momen pertumbuhan Si Kecil dari lahir hingga bisa duduk, merangkak, berdiri, berjalan, dan berbicara.

Ibu pasti sudah menerima banyak informasi ini itu mengenai pertumbuhan anak atau cara mengasuh anak yang dianggap baik oleh keluarga atau dari teman yang sudah lebih dulu memiliki anak.

Tidak ada yang salah mendengarkan banyak saran dari lingkungan sekitar, namun ada beberapa hal yang perlu ibu ketahui mitos dan fakta  mengenai berbagai omongan tentang pertumbuhan anak. Apa saja itu?

Faktanya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan pemberian ASI sebagai pilihan terbaik. Air Susu Ibu (ASI) jauh lebih baik daripada susu formula. Karena tidak ada yang bisa meniru dan menggantikan keunggulan ASI. ASI mengandung nutrisi pertumbuhan yang dibutuhkan manusia, sedangkan susu formula berasal dari sapi yang kandungan nutrisinya berbeda dengan ASI. Selain itu, nutrisi dan antibodi dalam ASI sangat unik, serta menyesuaikan dengan perkembangan fisik dan mental Si Kecil.

Faktanya, saat bayi lebih banyak diam, pasif, dan tidak banyak bergerak merupakn tanda bayi sedang sakit. Menangis merupakan salah satu cara bayi untuk berkomunikasi, menyatakan ketidaknyamanan, atau menginginkan sesuatu.

Menurut American Academy of Pediatrics, baby walkers sebenarnya berbahaya untuk Si Kecil. Otot-ototnya dirasa belum siap untuk melakukan menggerakan baby walkers. Penggunaan alat ini juga berisiko membuat Si Kecil terjatuh dari tempat tertentu seperti tangga, terlebih jika tidak diawasi oleh orang tua.

Khasiat minyak kayu putih yang baik untuk Si Kecil memang sudah diketahui sejak pulutah tahun silam. Namun, sebaiknya ibu tidak enggunakan iyak kayu putih untuk SI Kecil yang berusia dibawah 10 tahun. Karena minyak kayu putih memiliki komposisi kandungan yang dapat memicu iritasi dan kulit Si Kecil tidak nyaman akibat terlalu panas.

Cara lain yang lebih aman saat Si Kecil merasa demam atau tubuhnya terasa dingin, ibu bisa memakai balsam/salep berbasis krim atau lotion yang dikhususkan untuk bayi seperti Transpulmin. Kandungan Ekstrak Bungan Chamomile dan Eucalyptus Oil pada Transpulmin telah disesuaikan untuk kebutuhan Si Kecil, sehingga aman dan tidak membuat iritasi kuit. Transpulmin juga telah direkomendasikan oleh para dokter sejak lebih dari 30 tahun.

Kembali ke Kumpulan Artikel