Tidur Siang Banyak Manfaatnya untuk Si Kecil

March 12, 2019

 

Seiring bertumbuhnya Si Kecil, pasti semangatnya untuk terus bermain sepanjang hari pasti semakin besar ya bu. Meski aktifitas main baik untuk Si Kecil, namun akan menjadi tidak baik jika Si Kecil kurang waktu untuk tidur.

Saat Si Kecil sedang aktif bermain, dia bisa saja menolak untuk diajak tidur siang. Seperti yang kita tahu, tidur siang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak, seperti:

Kebutuhan tidur anak berbeda – beda. Untuk Si Kecil usia 1 – 3 tahun, mereka butuh tidur 12 – 14 jam per hari. Untuk Si Kecil usia 3 – 5 tahun, butuh tidur sekitar 11 – 12 jam per hari. Sementara Si Kecil usia 5 – 12 tahun membutuhkan waktu tidur sebanyak 10 – 11 jam per hari.

Waktu ideal yang disarankan untuk jam tidur Si Kecil adalah rentang waktu pukul 13.30 – 14.00. Waktu tidur terlalu sore akan berdampak pada jam tidur malamnya yang menjadi lebih larut. Idealnya Si Kecil tidur siang selama 90 menit.

Ada beberapa cara yang dapat ibu lakukan untuk mengajak Si Kecil tidur siang, seperti:

  1. Kenali tanda Si Kecil mengantuk

Ketika Si Kecil mulai rewel, mengusap – usap mata,dan terlihat ceroboh dalam beraktifitas, ibu bisa segera membujuknya untuk tidur. Ajak Si Kecil ke kamar, redupkan penerangan dan buat dia merasa nyaman untuk tidur.

  1. Ajak Si Kecil beraktifitas kecil di kamar

Sebelum tidur siang, ibu bisa mengajaknya beraktifitas di kamar seperti, membacakan buku, bermain, atau melakukan berbagai aktifitas kecil di kamar. Ini dapat membuat anak tidur dengan sendirinya.

  1. Konsisten dengan jadwal tidur

Selain melakukan aktifitas sebelum tidur, cobalah menidurkan Si Kecil pada tempat dan jam yang sama setiap hari, tak terkecuai di akhir pekan. Jadwal tidur yang sama setiap harinya akan membuat Si Kecil merasa nyaman untuk tidur siang.

Tidur siang memiliki banyak manfaat kesehatan untuk Si Kecil. Namun, jangan membiarkkan Si Kecil yang masih bayi tidur siang di atas kereta dorong atau kursi ya bu, karena dapat membuatnya terjatuh.

Kembali ke Kumpulan Artikel