Lakukan Obrolan dengan Bayi Sejak Dini

March 8, 2019

 

Bagian terindah menjadi seorang ibu adalah ketika bisa terus berkomunikasi dengan bayi. Melihat tatapan matanya, melihat respon gerak tubuhnya, mendengar sepatah ocehannya tentu menjadi hal yang menggemaskan ya, bu.

Meski pun bayi belum mengerti apa yang kita bicarakan, tidak berarti kita tidak bisa berkomunikasi dengan bayi. Berkomunikasi dengan bayi sangatlah penting, karena semakin dini ibu mengajaknya bicara kemampuan dirinya seperti bicara, membaca, dan intrapersonalnya akan semakin cepat berkembang.

Sejak bayi dilahirkan, bayi akan berkomunikasi dengan senyum, tawa, atau tangisan saat dia merasa tidak nyaman. Bayi juga memiliki kemampuan untuk memahami kata-kata yang sering ibu ucapkan dan mampu menangkap emosi yang ada pada ibu. Tidak masalah jika bayi belum mengerti apa yang ibu katakan, namun bayi tetap senang kok bu tiap mendengar dan memerhatikan ibu saat berbicara dengan dirinya.

Agar momen ngobrol dengan bayi menjadi menyenangkan, ibu bisa mencoba hal-hal berikut:

  1. Sering – sering tersenyum pada bayi. Tatap mata bayi saat mengganti popok, menyusui, atau saat bayi akan tidur
  2. Dekatkan wajah ibu ke bayi dan ulangi kata – kata sederhana seperti “mama”, “papa”, “makan”
  3. Selalu berikan respon dan tambahkan kosakata jika bayi sudah dapat mengucapkan satu atau dua kata, walau pun ibu belum tahu maksudnya
  4. Gunakan gerakan – gerakan tubuh untuk menguatkan maksud yang ibu bicarakan. Seperti mengepakkan tangan saat mengatakan “burung”

Tiap bayi istimewa, mereka tumbuh dengan cara dan waktu yang unik dan berbeda – beda. Memulai pembicaraan sedini mungkin secara kreatif tidak hanya membuatnya tambah bahagia, tetapi juga merangsang perkembangannya.

Saat bayi mulai menangis dan menunjukkan ketidaknyamanannya karena kedinginan, ibu bisa segera balurkan Transpulmin Baby. Dapat digunakan sejak bayi berusia 0 bulan sampai 24 bulan (2 tahun). Sambil membalurkan Transpulmin Baby di dada, punggung, dan leher Si Kecil, ibu bisa melakukan obrolan dengan bayi agar dia tetap merasa nyaman.

Kembali ke Kumpulan Artikel