Si Kecil Juga Bisa Alami Sakit Punggung

March 1, 2019

 

Memasuki usia sekolah SI Kecil mulai disibukkan dengan banyaknya kegiatan di luar rumah. Penting sekali untuk Si Kecil memiliki fisik yang kuat, agar dia bisa terus ceria menjalani aktiftas sehari-hari yang menyenangkan.

Namun, seiring dengan berjalannya kegiatan Si Kecil, salah satu yang juga harus ibu waspadai adalah munculnya rasa sakit di punggung Si Kecil. Faktanya, kejadian ini sering dialami anak – anak ketika dalam usia sekolah.

Meski hal ini umum terjadi, namun nyeri punggung bisa membuat Si Kecil lemah dan tidak nyaman. Yuk bu, lihat berasama hal apa saja yang bisa menimbulkan nyeri punggung pada Si Kecil:

  1. Tas Terlalu Berat

Hal ini umum terjadi pada anak – anak, tas sekolah yang terlalu berat membuat Si Kecil harus mengangkat beban berlebih bagi tulang belakangnya. Jika sakit punggung dikarenakan beban tas yang terlalu berat, kurangi isi tas Si Kecil.

Beban yang dibawa Si Kecil idealnya kurang dari 10% berat badannya. Misal, Si Kecil memiliki berat badan 40 kg, berat aman untuknya adalah 2 -3 kg. Selain itu, pilihlah tas untuk SI Kecil yang berbahan ringan.

  1. Posisi Duduk

Bila Si Kecil duduk lama dalam posisi yang salah seperti, membungkuk atau miring, ini akan memicu terjadinya nyeri punggung. Ibu bisa coba mengajarkan Si Kecil untuk duduk dalam posisi yang relaks dan tegap, untuk menghindari nyeri punggung.

  1. Penyakit Serius

Selain diakibatkan oleh aktifitas, sakit punggung juga bisa menjadi pertanda penyakit lain, seperti infeksi tulang belakang atau kelainan bentuk tulang. Jika sakit punggung bersamaan dengan gejala-gejala lain seperti demam menggigil, tubuh lemah, dan berat badan yang terus menurun, ibu pelu memeriksanya ke dokter.

  1. Cedera Olahraga

Olahraga penting untuk kesehatan Si Kecil. Namun, jika dilakukan secara berlebihan atau dengan teknik yang salah, malah akan berisiko cedera atau sakit punggung. Ibu bisa mengatasi sakit punggung yang diakibatkan cedera dengan cara mengompres punggung Si Kecil degan air dingin dan Si Kecil mandi dengan air hangat.

untuk meringankan rasa nyeri punggung Si Kecil, bbu juga bisa mengoleskan Transpulmin Kids ke punggung Si Kecil. Selain untuk pilek dan batuk Si Kecil, khasiat bahan alami Transpulmin Kids juga dapat digunakan untuk nyeri punggung.

Kembali ke Kumpulan Artikel