Cegah Tantrum pada Si Kecil dengan 4 Cara Jitu

February 28, 2019

Bagi sebagian balita, tantrum merupakan cara mereka untuk keluar dari sebuah masalah. Misalnya, saat Si kecil menginginkan mainan namun ibu tidak menurutinya, Si Kecil akan berteriak – teriak dan mengamuk dengan maksud ibu akan berubah pikiran. Kelelahan dan kelaparan juga dapat menyebabkan tantrum.

Tantrum yang dialami Si Kecil disebabkan karena kemampuan bahasa Si Kecil yang belum bisa memahami struktur kalimat dengan benar. Si Kecil hanya mampu mengungkapkan beberapa kata di dalam pikirannya. Sehingga mereka mengamuk untuk mengutarakan apa maksudnya.

Cara yang paling mudah untuk menghentikan tantrum pada anak adalah dengan memberikan apa yang anak inginkan. Namun, jika selalu memberikan apa yang mereka inginkan, itu bukanlah cara yang tepat dan akan menjadi sebuah kebiasaan untuk Si Kecil.

Ada 4 tips yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi tantrum anak, yaitu:

  1. Bicara dengan Si Kecil

Mencari tahu apa yang membuat Si Kecil tantrum sangatlah penting. Tunjukkan pada SI Kecil bahwa ibu mencintainya, tapi bukan sikap tantrumnya. Si Kecil berperilaku seperti itu karena dia membutuhkan perhatian yang lebih.

  1. Tetap tenang

Meski Si Kecil sedang dalam keadaan rewel, ibu harus bisa menjaga kesabaran dan tidak terpancing emosi. Mulai bicara kepada Si kecil jika Anda akan mendengarkan kemauannya jika ia bisa lebih tenang dan tidak mengamuk. Jika tantrum pada Si kecil terjadi saat berada di ruang yang ramai, bawalah Si kecil keluar ruangan untuk meredakan emosinya.

  1. Memberikan pengalihan

Si Kecil sangat mudah melupakan sesuatu ketika mulai tertarik dengan hal yang baru. Manfaatkan hal ini untuk mengalihkan emosinya saat tantrum. Ada baiknya ibu mencari pengalihan seperti mainan yang sudah lama tidak dimainkan atau jajanan kesukaan untuk menghiburnya.

  1. Jangan memukul Si Kecil

Dalam kondisi apapun, jangan sesekali memukul Si Kecil. Memukul bukanlah pilihan yang tepat dan itu akan membuat tantrumnya menjadi lebih buruk lagi. Saat tantrum terjadi, ambil napas dalam-dalam, kontrol emosi, dan cobalah untuk membuatnya tenang. Ibu harus berusaha tegas dan disiplin pada Si kecil.

Jangan biarkan tantrum menjadi sebuah kebiasaan dari Si Kecil ketika ia menginginkan sesuatu untuk ibu turuti. Namun, saat Si kecil rewel karena hidungnya tersumbat akibat pilek, ibu bisa segera memberikan Transpulmin. Kandungan bahan alami Eucalyptus oil dan Ekstrak Bunga Chamomile efektif untuk meredakan pielk, batuk, demam, sakit perut, sakit kepala, nyeri punggung, dan mampu menghangatkan badan. Telah lebih dari 30 tahun, Transpulmin direkomendasikan oleh para dokter.

Kembali ke Kumpulan Artikel