Sebelum Berusia 12 Bulan, Hindari Madu dan Olahan Susu

February 20, 2019

Memasuki usia 6 bulan, bayi mulai menunjukan ketertarikannya untuk mengkonsumsi makanan yang juga dikonsumsi oleh orang di sekitarnya. Di usia ini juga merupakan waktu yang tepat untuk ibu memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).

MPASI sangat membantu bayi memenuhi nutrisi di dalam tubuhnya. Namun, walau sudah boleh makan bukan berarti bayi bebas makan makanan apapun. Sebelum Si Kecil genap berusia 12 bulan, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari dulu. Apa saja itu?

  1. Putih telur

Kandungan protein di dalam putih telur memang tinggi. namun, di dalamnya juga terdapat bakteri yang berbahaya untuk Si Kecil yang berusia dibawha satu tahun. Putih telur yang dikonsumsi bayi dapat menyebabkan gangguan perut dan penyakit lain.

  1. Kacang – kacangan utuh

Kacang merupakan salah satu makanan yang kaya serat, vitamin E, dan L-arginine. Namun, karena ukurannya yang cukup besar untuk bayi dapat menyebabkan penyumbatan asofagus. Selain itu, bayi belum memiliki gigi untuk mengunyah, sehingga bisa membuatnya tersedak jika diberikan begitu saja.

  1. Makanan kaleng

Menyajikan makanan cepat saji memang lebih praktis. Namun, di makanan kaleng terdapat bakteri yang sangat berbahaya untuk bayi. Salah satunya bayi bisa mengalami botulisme atau keracunan makanan karena bakteri Clostridium botulinum.

  1. Madu

Selain sebagai pemanis alami, madu memang memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Namun, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tidak menyarankan memberikan madu kepada ana dibawah 12 bulan. Karena mengandung spora dan kontaminan lainnya yang bisa menyebabkan infeksi pada bayi.

  1. Olahan susu

Saat memperkenalkan MPASI untuk bayi, usahakan untuk tidak memberikan bahan olahan dari susu (seperti keju atau yogurt). Hal ini dikarekanan protein dan mineral dalam susu sapi tidak baik untuk bayi di bawah usia 12 bulan.

Penting bagi ibu untuk menghaluskan terlebih dahulu MPASI yang diberikan untuk bayi. MPASI yang bisa ibu berikan seperti serela bebas gulaten, buah dan sayur yang dihaluskan, daging yang dihaluskan, bubur tahu, bubur kacang merah atau bubur kacang hijau juga boleh ibu berikan.

Memberikan bayi berbagai jenis makanan dan rasa sangat bermanfaat untuk memenuhi nutrisi bayi, namun ketahui juga pantangannya ya bu. Saat bayi mengalami pilek batuk, solusinya balurkan Transpulmin Baby. Transpulmin Baby aman digunakan sejak bayi baru lahir hingga berusia 2 tahun. Transpulmin telah direkomendasikan oleh para dokter.

Kembali ke Kumpulan Artikel