Khasiat dan Rahasia Sebuah Pelukan

February 16, 2019

Apa yang biasa ibu berikan untuk mengungkapkan rasa sayang kepada Si Kecil? membelikan mainan? Membelikan pakaian paling lucu? Atau mengajaknya jalan-jalan? Apapun yang ibu berikan, pastinya bisa membuat Si Kecil sangat senang ya bu. Namun, tahukah ibu? Ternyata berpelukan adalah cara yang paling ampuh untuk mengungkapkan rasa sayang kepada Si Kecil.

Anak – anak dan bayi setidaknya membutuhkan lima sampai enam pelukan setiap hari untuk bertahan hidup. Ternyata sebuah penelitian juga mengungkapkan, memeluk anak dapat membuat mereka hidup dan berkembang lebih baik. Ternyata dampak pelukan yang ibu berikan kepada Si Kecil besar juga ya bu, kira – kira apa lagi ya manfaat mengungkapkan kasih sayang dengan pelukan?

  1. Membantu Si kecil lebih pintar

Tak hanya sekedar sebagai unkapan sayang, berpelukan bisa berpengaruh pada perkembangan otak anak. Otak Si Kecil akan lebih berkembang dibandingkan dengan anak yang jarang dipeluk oleh orang tuanya. Tapi hal ini bukan berarti bisa meningkatkan IQ Si Kecil. pelukan orang tua bisa memaksimalkan cara kerja dan perilaku Si Kecil. Memeluk Si Kecil secara rutin, akan berdampak baik untuk masa depan, lingkungan dan perilaku mereka dewasa nanti.

  1. Membebaskan Si Kecil dari rasa stress dan cemas

Berpelukan dapat merangsang produksi hormon endorfin dalam tubuh. Hormon ini berfungsi untuk mengurangi ketegangan saraf dan juga tekanan darah. Jadi Si Kecil yang lebih sering dipeluk oleh orang tuanya akan terhindar dari rasa stress dan cemas.

  1. Membuat Si kecil nyaman & membentuk rasa empati

Dengan membiasakan memeluk Si Kecil, ini akan menstimulasi Si Kecil bahwa pelukan adalah isyarat menyatakan cinta dan kasih sayang. Jika pelukan ini sudah menjadi sebuah tradisi, kemungkinan saat Si Kecil besar nanti mereka akan memiliki sifat empati dan rasa penyayang yang tinggi, karena arti dan manfaat pelukan tersebut dapat mentransfer energi baik untuk Si Kecil.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil

Selain bermanfaat untuk kesehatan jiwa Si Kecil, berpelukan bermanfaat membuat sistem saraf Si Kecil ke keadaan seimbang. Saat berpelukan, hormon oksitosin yang dilepaskan ke dalam aliran darah juga akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Si kecil.

Si kecil yang masih dalam masa pertumbuhan memang belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang sempurna, itu merupakan salah satu penyebab Si Kecil mudah sakit. Saat Si kecil mengalami pilek batuk, bantu redakan dengan Transpulmin. Transpulmin telah lebih dari 30 tahun direkomendasikan oleh para dokter untuk mengatasi demam, pilek, batuk, nyeri punggung, sakit perut, sakit kepala, dan menghangatkan badan. Transpulmin tersedia dalam dua varian. Transpulmin Baby untuk Si Kecil usia 0 bulan – 2 tahun. Transpulmin Kids untuk Si Kecil berusia 2 tahun ke atas.

Kembali ke Kumpulan Artikel