Balita Sering Batuk

March 1, 2019

Pertanyaan:

Halo dok, bayi saya berusia 19 bulan sekarang, sedari kecil dia cukup sering terserang batuk dan pilek. Jika batuk cenderungnya terlihat susah nafas dan terdengar banyak dahak. Saya sudah pasang humidifier di kamar, dan juga sering memakaikan balsam atau minyak telon setelah mandi/sebelum tidur. Apakah ada kecenderungan sindrom tertentu jika bayi sering batuk dan seperti banyak dahak? Cara terapi nya apa lagi bisa saya lakukan ya, dok?

(Serena Wijaya, 33 tahun)

Jawaban:

Halo Ibu Serena…

Bu, sepertinya dari cerita Ibu, anak Ibu sepertinya memiliki gejala seperti alergi. Ibu coba perhatikan kira-kira di lingkungan Si Kecil, apa yang dapat menyebabkan alergi. Beberapa faktor pencetus alergi adalah:
1. Apakah ada orang di sekitar yang perokok (karena asap rokok dapat menempel di kulit, rambut dan baju) atau di rumah yang merokok?
2. Apakah Si Kecil tidur dengan selimut yang berbulu atau boneka?
3. Apakah terdapat banyak barang-barang bekas yang bisa menyebabkan debu menumpuk di sekitar Si Kecil?
4. Kapan filter AC dicuci?
5. Kapan gorden di rumah di cuci?
6. Apakah terdapat karpet di dalam rumah?
7. Apakah memiliki hewan peliharaan?
8. Dll
Masih banyak yang dapat menyebabkan alergi, namun pertanyaan-pertanyaan di atas adalah untuk mencari beberapa penyebab alergi tersering. Sehingga, terapinya adalah untuk menghilangkan pencetus alergi dari sekitar Si Kecil.

Kembali ke Kumpulan Artikel