BB Sulit Naik Karena Batuk

March 1, 2019

Pertanyaan:

hallo dok, anak saya saat ini berusia 23 bulan, ketika usianya berusia 15 bulan pernah batuk lebih dari 2 minggu ketika diperiksa ada kemungkinan asma turunan (suami memiliki asma tetapi baru diketahui ketika dewasa dan gejala tidak seperti penderita asma pada umumnya tetapi jika batuk memang sembuhnya agak lama).. pada saat itu anak saya melakukan uap selama 3 kali, batuk berkurang dan sembuh. Anakku temasuk kategori anak yg aktifnya luar biasa dan makan agk susah sehingga kenaikan BB nya sulit.. pertanyaan saya apakah ada hubungannya dengan batuk tsb..?! dan perlukah tes mantoux untuk mengetahui flek? terima kasih dok.

(Ayu Rahayu Lestari, 28 tahun)

Jawaban:

Halo Ibu Ayu…

Bu, batuk lama memang bisa disebabkan karena infeksi kronik (seperti “flek paru” atau TBC yang bisa didiagnosa dengan tes mantaoux) atau alergi (seperti asma). Gejala asma pada anak adalah batuk berulang dan tidak harus selalu disertai dengan sesak atau mengi. Masalah kesulitan makan pada anak bergantung pada banyak sekali faktor, Bu. Beberapa contoh masalah yang dapat menyebabkan kesulitan makan adalah masalah medis seperti anak merasa terganggu karena batuk nya atau merasa kesuitan bernapas. Selain itu, perlu dilihat juga jadwal makan dan asupan susu sehari-hari, karena ini juga sangat berpengaruh dengan kesulitan makan pada anak. Sehingga, saran saya adalah, konsultasikan ke dokter anak Anda untuk:
1. Menanyakan mengenai status gizi anak
2. Memastikan diagnosis asma
3. Mempertimbangkan pemeriksaan mantoux apabila terdapat gangguan status gizi anak, kontak dengan orang lain dengan penyakit “flek paru” atau TBC.
Semoga membantu, Bu..

Kembali ke Kumpulan Artikel