Ketahui SIDS dan Cara Mengatasinya

February 8, 2019

Malam hari menjadi waktu istirahat terbanyak bagi bayi dan juga bagi orang tua setelah seharian beraktifitas. Namun, ada kondisi yang perlu menjadi perhatian ibu saat istirahat di malam hari. Ada sebuah sindrom bernama SIDS atau sudden infant death syndrome yang merupakan kejadian bayi berusia dibawah 1 tahun meninggal mendadak, tanpa menimbulkan gejala-gejala terlebih dahulu.

Kasus ini sebagian besar terjadi saat bayi tidur, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi saat bayi tidak sedang tidur. Sebuah penelitian dari Journal of the American Medical Association menyatakan bayi yang meninggal karena SIDS memiliki kadar serotonin yang lebih rendah. Serotonin membantu mengatur pernapasan, denyut jantung, dan tekanan darah selama tidur.

Penyebab SIDS belum diketahui secara pasti. Namun, ada dugaan SIDS dipengaruhi oleh faktor mutasi atau kelainan gen, gangguan pada otak, berat badan yang rendah saat lahir, hingga infeksi paru. Potensi bayi mengalami SIDS juga dipengaruhi oleh kondisi tidurnya, seperti:

Posisi ini membuat bayi sulit bernapas, terutama jika ditidurkan pada kasur yang terlalu empuk

Suhu ruangan yang terlalu panas membuat risiko SIDS semakin tinggi

Bayi yang tidur berbarengan dengan ibu, ayah, atau dengan orang lain berpotensi mengalami tidak disengaja              yang dapat menyebabkan SIDS, seperti pernapasannya tertindih atau terhalang.

Upaya – upaya yang bisa ibu lakukan untuk menurunkan risiko SIDS diantaranya:

  1. Tidurkan bayi dalam posisi telentang,

Hidari bayi tidur miring atau telungkup, setidaknya dalam tahun pertamanya.

  1. Jaga dan atur tempat tidur bayi

Hindari menggunakan tempat tidur yang tebal dan terlalu empuk. Jangan meninggalkan bantal atau mainan                yang empuk di boks bayi.

  1. Berikan bayi pakaian yang hangat dan nyaman

Berikan bayi pakaian yang mampu menjaga suhu tubuh agar tetap hangat, tanpa harus dibalut lagi dengan                  kain atau selimut tambahan. Hindari juga menyelimuti kepala bayi dengan benda apa pun.

  1. Berbagi ruangan

Tidurkan bayi pada kamar yang sama dengan orang tua, namun beda tempat tidur. Agar orang tua dapat                      dengan mudah mengawasi Si Kecil.

  1. Berikan ASI eksklusif
  2. Imunisasi
Kembali ke Kumpulan Artikel