Cara Hadapi Kakak & Adik yang Sering Berselisih

January 25, 2019

Memiliki anak lebih dari satu memang membuat suasana di rumah lebih ramai dan ceria ya bu. Namun, ibu juga pasti merasakan ada keadaan kakak dan adik tidak bisa akur karena mendebatkan atau berebut sesuatu.

Kejadian seperti itu sebenarnya wajar saja antar kakak beradik dan biasa disebut sibling rivalry atau persaingan antar saudara kandung dalam keluarga. Namun, yang perlu ibu jaga sibling rivalry ini jangan sampai menjadi bullying.

Agar antara kakak dan adik tetap berada di koridor yang normal, ibu juga perlu mengambil peran – peran berikut.

  1. Ketika ibu melihat kakak dan adik saling bertengkar, baiknya ibu tidak perlu ikut campur secara langsung, selama keributan antara anak masih dalam tahap normal. Biarkan mereka menyelesaikan permasalahannya sendiri. Karena campur tangan ibu akan membuat salah satu anak diperlakukan kurang adil.
  2. Tidak membanding – bandingkan anak. Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan, Membandingkan anak justru akan membuat sibling rivalry. Kenali masing-masing anak dan hargai perbedaan mereka.
  3. Mulai membuat perjanjian. Umumnya pertengkaran antar kakak dan adik terjadi karena tidak ada yang mau saling mengalah. Misalnya, Ibu bisa mencoba buat perjanjian dengan mereka, jika terjadi keributan maka mereka bersama – sama harus membersihkan rumah.

Meski kakak dan adik kerap berselisih, namun tidak berarti kakak dan adik bisa kompak. Saat kakak dan adik saling tertular pilek batuk, ibu tidak perlu khawatir. Balurkan Transpulmin di dada, punggung, dan leher. Gunakan Transpulmin Baby untuk adik usia 0 bulan – 2 tahun, dan Transpulmin Kids untuk kakak berusia diatas 2 tahun.

Kembali ke Kumpulan Artikel