Taklukkan Si Kecil yang Rewel karena Tantrum

January 24, 2019

Menginjak usia 1 sampai 4 tahun, Si kecil mulai menunjukkan sikap emosionalnya. Ia kerap marah-marah, mengamuk, bahkan sampai membanting – banting mainan hanya karena kemauannya tidak dituruti. Keadaan seperti ini kerap kali sangat menguji kesabaran ya bu.

Kejadian seperti ini disebut tantrum dan umu terjadi pada si kecil. Bagi sebagian balita, tantrum merupakan cara mereka untuk keluar dari sebuah masalah. Misal, si kecil menginginkan mainan namun ibu tidak mau membelikannya. Maka mereka akan mengamuk, berteriak – teriak agar ibu berubah pikiran.

Penyebab tantrum disebabkan karena kemampuan bahasa Si Kecil yang belum bisa memahami struktur kalimat yang kompleks secara benar. Mereka hanya mampu mengungkapkan beberapa kata di dalam pikirannya. Sehingga mereka mengamuk untuk mengutarakan apa maksudnya.

Ketika mengamuk dan ibu menuruti keinginannya, maka ia akan mengulang hal tersebut untuk memenuhi keinginannya. Dan jika dibiarkan, hal itu akan menjadi kebiasaan buruknya.

Untuk mengatasi tantrum pada si kecil, ibu harus tetap tenang dan tidak terpancing emosi. Mulailah bernegosiasi dengan Si kecil dengan bahasa yang mudah ia pahami. Untuk melupakan amarah sesaatnya, ibu bisa juga mencari pengalihan dari sesuatu yang membuat dia tantrum. Lalu perlu ibu ingat juga, janganlah memukul atau berteriak padanya karena itu bisa membuat Si kecil tambah rewel lagi.

Menghadapi Si Kecil yang rewel memang butuh kesabaran yang ekstra. Tapi saat Si Kecil rewel karena hidungnya tersumbat akibat pilek dan batuk, ibu bisa balurkan Transpulmin. Kandungan bahan alami Ekstrak Bunga Chamomile dan Eucalyptus Oil memberikan relaksasi untuk Si Kecil, sehingga nafasnya bisa kembali lega. Transpulmin telah direkomendasikan para dokter dan dapat digunakan mulai dari Si kecil berusia 0 bulan.

Kembali ke Kumpulan Artikel