Menggendong Bayi Usai Menyusui Bisa Mencegah Gumoh

January 17, 2019

Tiap bayi pasti pernah mengalami muntah. Biasanya muntah pada bayi terjadi usai minum ASI atau minum susu. Ibu tidak perlu khawatir saat bayi mengalami hal ini, keluarnya cairan seperti muntah ini disebut gumoh.

Gumoh terjadi karena sistem penceraan Si kecil belum sempurna. Di usia yang masih beberapa minggu, bayi rentan mengalami hal ini karena ukuran lambungnya masih kecil, dan juga cincin otot yang berada di antar kerongkongan dan lambung belum bekerja optimal. Fungsi cincin otot sebagai pintu masuk ASI/ susu ke lambung, setelah masuk ke lambung, cincin akan menutup kembali. Namun, jika cincin otot tidak menutup sempurna, susu akan kembali naik ke kerongkongan lalu terjadilah gumoh.

Apa perbedaan gumoh dengan muntah?

Bayi yang mengalami gumoh biasanya akan tetap tampak sehat. Ia tetap bisa makan dengan normal dan berat badannya tetap naik secara normal. Susu yang keluar dari mulut biasanya mengalir dengan sendirinya.

Berbeda dengan muntah, bayi yang muntah tampak kesakitan dan rewel hingga berdampak pada berat badan yang menurun. Bayi terlihat berusaha kuat mengeluarkan isi perutnya dari mulutnya.

Sebenarnya gumoh pada bayi bisa dicegah dengan cara;

  1. Setelah minum susu, gendong bayi dalam posisi tegak selama 30 menit
  2. Berikan bayi susu dengan jumlah sedikit namun sering
  3. Buat bayi sendawa
  4. Hindari langsung membaringkan bayi setelah minum ASI/ susu
  5.  Setelah 30 menit dalam posisi tegak, baringkan bayi dalam posisi telentang
Kembali ke Kumpulan Artikel