Hadirkan Cerianya Si Kecil Setiap Saat

January 11, 2019

Sebagai orang tua yang baru dikaruniai bayi, tentu ingin bayinya tumbuh sehat dan selalu ceria. Seringkali bayi yang tampak gemuk dan menggemaskan menjadi patokan bayi sehat, padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Kondisi bayi yang sehat diukur dari berbagai hal seperti, kenaikan berat badan bayi, hingga kemampuan sosial dalam berinteraksi dengan orang lain.

Nah selain ingin membuat bayi tumbuh sehat, ibu juga ingin membuat bayi tumbuh ceria bukan? Ini dia beberapa tips yang bisa ibu lakukan untuk membuat bayi tetap ceria.

Bayi yang baru lahir dan sering menagis adalah wajar. Karena menangis adalah cara komunikasi yang paling mudah untuk bayi. Saat bayi menangis, berikan sentuhan lembut dan ajak bayi untuk berbicara layaknya saat masih berada di dalam kandungan. Hal ini dapat membuat bayi merasa lebih tenang karena mengetahui ada Anda di sampingnya. Sikap bayi yang mulai tenang saat berada di dekat Anda, bisa menjadi pertanda bahwa bayi sehat & ceria karena perkembangan emosionalnya berkembang dengan baik.

Bayi memiliki perasaan yang terkoneksi dengan orang – orang yang mengasuhnya, terutama ibu. Meninggalkan bayi walaupun tidak lama dapat memicu psikosis pada bayi. Selanjutnya firasat bayi akan merasa ada yang salah dan akhirnya akan teringat secara terus-menerus.oleh karena itu, saat ibu terpaksa melakukan sesuatu namun harus meninggalkan bayi, mintalah bayi atau kerabat terdekat untuk menjaganya sebentar.

Bu, perlu diingat menghukum bayi dengan cara verbal atau non verbal tidak memberi pelajaran untuk bayi. Malah, hukuman akan memberikan efek negatif seperti stress, serta kesulitan menjalin hunbungan sosial yang akan bertahan lama. Bahkan menurut hasil studi, Si Kecil menjadi lebih nakal setelah mengalami hukuman fisik. Jadi jangan memberikan hukuman ya bu agar bayi tetap tumbuh ceria.

Orang tua yang responsif dan hangat terhadap anak merupakan salah satu prediktor terbaik bahwa anak dapat tumbuh ceria. Saat Si kecil rewel, sering menangis akibat pilek batuk yang menyerang, ibu bisa bantu meredakannya dengan Transpulmin. Balurkan Transpulmin di dada, punggung, dan leher untuk bebaskan nafasnya, kembalikan cerianya. Jangan lupa untuk #SelaluAdaTranspulmin ya bu.

Kembali ke Kumpulan Artikel