Tips Cermat Hadapi Si Kecil yang Sulit Makan

January 10, 2019

Ibu seringkali dihadapi dengan situasi si kecil hanya menyukai satu jenis makanan dan tidak ingin makan jenis makanan lain atau si kecil justru sulit sekali diberikan makanan jenis apapun. Kondisi ini biasanya orang tua hadapi saat si kecil menginjak usia satu tahun ke atas, di mana dia mulai mengerti memilih makanan.

Kondisi seperti ini bisa saja ya bu membuat ibu tidak sabar menghadapinya, tapi ibu harus tetap bisa sabar menghadapi Si kecil agar selera makannya tidak hilang. Jika Si Kecil dalam keadaan senang, dia bisa lebih mudah untuk ibu ajak makan.

Perlu ibu ketahui, makan merupakan proses pembelajaran dan eksplorasi bagi Si kecil. untuk membantu meningkatkan selera makannya, ibu bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

  1. Buat waktu makan yang konsisten. Yaitu tiga kali waktu makan utama dan 2 kali mengkonsumsi camilan tiap hari. Batasi waktu makan 30 menit untuk tiap waktu makan. Keadaan yang nyaman membuat anak menjadi rajin makan.
  2. Berikan kebebasan anak makan dengan sendiri. Caranya buat makanan praktis yang dapat ia pegang dan dimasukkan ke dalam mulutnya dengan mudah.
  3. Berikan 1 – 2 jenis makanan pada saat anak makan dalam porsi kecil.
  4. Gunakan perlengkapan makan dengan gambar dan corak warna yang menarik.
  5. Jauhkan televisi, mainan atau benda lain yang dapat menyita perhatian Si Kecil saat makan.
  6. Libatkan Si Kecil saat membuat makanan yang akan dihidangkan.mulai dari menyiapkan bahan – bahannya, memasak, hingga menyajikannya. Sehingga dia menjadi lebih penasaran untuk menyicipinya.

Anak susah makan bukanlah perkara yang mudah untuk ditangani. Diperlukan perhatian dan kesabaran ekstra untuk mengatasinya. Namun jika Anda masih belum yakin terhadap asupan gizi anak atau menyebabkan berat badan anak sulit bertambah, maka disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi langsung kepada ahli gizi atau dokter spesialis anak.

Kembali ke Kumpulan Artikel