Tak Perlu Khawatir Ajak Bayi Baru Lahir Keluar Rumah

January 4, 2019

Tentu ibu sudah banyak mendengar jika bayi baru boleh diajak keluar rumah ketika usianya sudah lebih dari 40 hari, apakah itu benar? Ternyata tidak bu. Secara medis, sebenarnya tidak ada patokan yang pasti kapan waktu yang tepat untuk Si Kecil boleh di ajak bepergian. Memang perlindungan dan perhatian ekstra perlu diberikan bagi bayi yang baru lahir. Namun, selama bayi dalam keadaan sehat, ibu boleh membawa bayi keluar rumah.

Ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan sebelum mengajak bayi yang baru lahir bepergian, diantaranya:

Sebelum pergi ibu harus memastikan cuaca di luar tidak mengganggu bayi. tidak terlalu terik dan tidak sedang turun hujan.

Sebelum pergi, berikan bayi pakaian yang sesuai dengan cuaca dan destinasi yang akan di tuju. Misal, saat pergi ke mall hindari pakaian yang terlalu tipis dan minim untuk bayi karena disana terdapat banyak pendingin ruangan. Jangan lupa membawa selimut atau jaket. Lalu sebaliknya, hindari penggunaan pakaian yang terlalu tebal dan tertutup saat membawa bayi ke empat yang hangat.

Untuk menghindari pancaran sinar matahari, ibu bisa menggunakan payung dan topi. Jika bayi berada di dalam stroller, ibu bisa menggunakan penutupnya. Jika perlu, olesi kulit bayi dengan tabir surya yang dapat digunakan untuk bayi. karena kulit bayi sangat lembut dan sensitif dengan sinar matahari.

Membatasi waktu di luar rumah sangat diperlukan. Karena ibu tidak tahu kondisi orang – orang di sekitar bayi dalam keadaan sehat atau tidak.

Sebaiknya hindari kontak langsung bayi dengan banyaknya orang di sekitar. Atau sebelum orang lain memegang bayi, pastikan mereka mencuci tangan lebih dulu sebelum bersentuhan dengannya.

Sebelum ibu pergi dengan bayi, baiknya waktu yang tepat yaitu setelah ia tidur siang atau makan, dan setelah ganti popok. Jangan lupa siap-siap membawa perlengkapan bayi ya, bu. Ia pasti perlu pakaian, makanan, popok ekstra, dan juga Transpulmin Baby. Karena Transpulmin Baby dapat menghangatkan badan bayi dan memberikan relaksasi. Selain itu Transpulmin Baby telah direkomendasikan para dokter untuk mengtasi pilek batuk. Transpulmin Baby dapat digunakan untuk Si Kecil usia 0 bulan – 2 tahun.

Kembali ke Kumpulan Artikel