Tanda – Tanda Si Kecil Kedinginan

December 24, 2018

 

Penting sekali menjaga bayi tetap hangat dan nyaman pada awal-walan bulan kelahiran Si Kecil. Karena bayi tidak seperti orang dewasa yang sudah bisa beradaptasi dengan perubahan suhu. Untuk itu ibu harus memerhatikan dan melindungi tubuh Si Kecil siang dan malam.

Bayi yang baru lahir sangat berisiko kehilangan panas tubuh karena, rasio luas tubuh dan berat badan bayi yang tinggi menjadikannya rawan mengalami kedinginan. Juga mental bayi belum mampu mengatur sendiri suhu ruangan sesuai keinginannya.

Di musim penghujan ini suhu udara turun yang secara cepat akan mempengaruhi bayi. Walaupun bayi belum mampu beradaptasi dengan perubahan suhu, bayi bisa memberi tahu ibu jika dia merasa kedinginan bu. Bagaimana tanda – tandanya? Yuk, simak berikut ini.

  1. Bayi cenderung lebih diam. Karena bayi yang baru lahir belum bisa memberikan mimik menggigil saat merasa dingin, bayi akan lebih banyak diam dan malah tidak menangis. Ia akan menghabiskan energi dalam tubuhnya untuk membuat tubuhnya tetap merasa hangat.
  2. Kehilangan selera untuk minum ASI atau susu, atau makanan padat.
  3. Tangan dan kakinya terasa dingin. jika bayi mengalami hal ini, ibu bisa segera memeluk bayi agar dia merasa hangat. Setelah bayi sudah merasa hangat, ibu bisa memberikan selimut agar tidak terkena langsung udara dingin.
  4. Pada kedinginan yang parah, Si Kecil bisa terserang neonatal cold syndrome. Yaitu melambatnya fungsi – fungsi vital tubuh bayi. Bayi menjadi lesu dan lemas, kaki dan tangannya terlihat bengkak berwarna merah muda. Jika sudah terjadi seperti ini, segera bawa bayi ke dokter.

Sebagai antisipasi agar bayi tidak merasa kedinginan, ibu bisa memberikan bayi aksesoris penghangat seperti topi, satung tangan, juga kaos kaki. Selain itu, ibu juga bisa memberikan kehangatan di tubuh bayi dengan Transpulmin Baby kemasan BARU. Ekstrak Bunga Chamomile dan Eucalyptus Oil memberikan bayi relaksasi dan merasa hangat. Transpulmin Baby dapat digunakan untuk Si Kecil usia 0 bulan – 2 tahun, dan efektif untuk meredakan pilek dan batuk.

Kembali ke Kumpulan Artikel