Tidur Tanpa Digendong? Biasakan Si Kecil dengan 7 Cara Ini

July 3, 2020

Tidur tanpa digendong? Memangnya Si Kecil bisa? Bayi yang baru lahir pada dasarnya belum memiliki pola tidur yang tetap. Pola tidur yang belum tetap ini sering kali membuat orang tua banyak meluangkan waktunya untuk begadang. Saat begadang itulah, banyak orang tua menggendong dengan harapan agar Si Kecil kembali terlelap. Padahal, cara ini membuat Si Kecil akan terbiasa untuk tidur di dalam gendongan.

Sebelum mengetahui cara membuat Si Kecil tidur tanpa digendong, perlu diketahui bahwa Si Kecil yang baru lahir memang belum bisa membedakan antara siang dan malam. Kondisi inilah yang membuat Si Kecil tidak mengikuti siklus tidur normal.

Lantas, bagaimana cara membuat Si Kecil tidur tanpa digendong?

1. Memberikan pijatan ringan

Cara membuat Si Kecil tidur tanpa digendong yang pertama adalah dengan memberikan pijatan. Pijatan membuat Si Kecil merasa rileks dan nyaman. Ibu bisa melakukan pijatan sekitar 15 menit dengan menggunakan Transpulmin Baby di bagian dada, punggung, dan leher. Kehangatan khusus dari Transpulmin Baby akan membuat Si Kecil rileks dan nyaman.

2. Mengatur suhu ruangan

Seperti halnya orang dewasa, Si Kecil pun tidak bisa menikmati tidur di ruangan yang terlalu dingin atau terlalu panas. Cara membuat Si Kecil tidur tanpa digendong ini bisa dilakukan dengan mengatur suhu kamar dan kelembapannya. Suhu kamar ideal untuk Si Kecil adalah 21-22 dejarat Celcius. Apabila Si Kecil terlihat berkeringat, Ibu bisa menambahkan atau mengganti lapisan kain. Selain itu, hindari juga membedong Si Kecil. Sedangkan jika Si Kecil kedinginan, tambahkan selimut untuk membuat lebih hangat.

3. Atur pencahayaan kamar

Jika Si Kecil tidur siang lebih lama dari malam hari, kondisikan agar ia tidur lama di malam hari. Caranya, pasang ekstra lampu bercahaya putih kebiruan di kamar Si Kecil agar jam biologisnya nyaman seperti siang hari. Redupkan lampu di sore hari, atau 2 jam sebelum waktu tidur, untuk membiasakan tidur di malam hari, tulis  Elizabeth Pantley, dalam buku No-Cry Sleep Solution.

4. Hindari mengayun-ayun Si Kecil

Saat Si Kecil sudah berusia empat bulan, sebaiknya hindari menidurkan dengan cara menggendong atau mengayun. Saat Si Kecil terlihat sudah mengantuk, baringkan saja tubuh ke tempat tidur untuk membuatnya lebih tenang.

5. Ciptakan suara stabil

Beri suara-suara, seperti suara kipas angin, detak ritmis sejenis, atau  musik yang menenangkan Si Kecil saat jelang waktunya tidur. Ulang-ulang suara ini setiap hari sehingga menjadi kebiasaan tidur. Suara ritmis membuat Si Kecil nyaman karena suara ini mirip dengan detak jantung Ibu saat Si Kecil dalam kandungan.

6. Membuatnya lebih aktif di siang hari

Cara membuat Si Kecil tidur tanpa digendong ainnya adalah dengan membuatnya untuk lebih aktif di siang hari. Dengan begitu, maka Si Kecil akan kelelahan dan tidur pulas sepanjang malam. Guna meningkatkan kualitas tidur, pastikan setiap aktivitas yang ada di sekitarnya bernuansa tenang.

7. Bawa Si Kecil ke tempat tidur dan pastikan posisi tidur yang aman

Ciri-ciri Kecil mengantuk antara lain menggosok-gosok mata dan menguap. Saat Ibu sudah melihat ciri-ciri tersebut, segera bawa ke tempat tidur. Biarkan Si Kecil menenangkan diri sampai benar-benar tertidur. Hindari kontak mata dengan Si Kecil karena akan menstimulinya untuk berinteraksi.

Nah, itulah cara membuat Si Kecil tidur tanpa digendong yang bisa Ibu coba. Pada akhirnya, cara embuat Si Kecil tidur tanpa digendong yang utama adalah menciptakan rutinitas yang sama setiap malam. Dengan begitu, Si Kecil akan lebih mudah tidur dan Ibu pun mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk memulai aktivitas esok harinya.

Jika Ibu melakukan aktivitas ini dengan konsisten, maka Si Kecil akan tidur lebih lama di malam hari. Si Kecil juga menyukai rutinitas tidur yang konsisten di mana Ibu dapat memberikan sinyal yang tepat pada Si Kecil untuk membantunya tidur lebih tepat waktu tanpa harus menggendongnya terlebih dahulu.

Sumber:

https://doktersehat.com/tips-menidurkan-Si Kecil-tanpa-digendong/

https://www.popmama.com/baby/0-6-months/titania-febrianti/cara-agar-Si Kecil-bisa-tertidur-sendiri/5

https://www.ayahbunda.co.id/Si Kecil-tips/penting-7-cara-menidurkan-Si Kecil-tanpa-digendong

Kembali ke Kumpulan Artikel