Memandikan Si Kecil Lebih Fun dengan 6 Tips Ini

July 3, 2020

Memandikan Si Kecil memang butuh perjuangan ya, Bu. Kadang dia susah untuk diajak mandi. Sekalinya sudah kena air, nggak mau keluar dari bak, hehehe. Meskipun pada akhirnya mandi menjadi hal yang menyenangkan untuk Si Kecil, tetap ingat ini ya bu untuk menjaga agar Si Kecil tetap aman ketika mandi. Sedikit perencanaan dapat membuat mandi menjadi lebih menyenangkan dan aman untuknya. Berikut adalah beberapa tipsnya, yuk disimak!

1. Jangan tinggalkan Si Kecil sendirian

Siapkan semua peralatan mandi di area yang mudah dijangkau. Jadi, kita tidak harus berdiri untuk mengambil sabun atau sampo. Jangan tinggalkan Si Kecil sendirian, entah untuk mengangkat telepon atau melakukan hal lain. Kalau memang harus melakukan sesuatu, sebaiknya angkat Si kecil dari bak mandi dan keringkan dengan handuk.

2. Pilih waktu yang tepat untuk memandikan Si Kecil

Untuk memandikan Si Kecil, Ibu perlu memilih waktu yang tepat. Sebaiknya jangan memandikan Si kecil setelah ia makan, karena tubuh memerlukan waktu untuk memproses makanan. Jika langsung mandi, maka ini bisa mengakibatkan tubuh terkejut ketika menyentuh air dingin. Selain itu, hindari juga memulai sesi mandi ketika ia sedang lapar atau ngantuk. Karena konsentrasi Si Kecil yang sedang berkurang bisa membuatnya jengah atau terantuk ketika sedang mandi.

3. Isi bak mandi sebelum Si Kecil masuk

Pastikan bak mandi sudah terisi air ketika Si Kecil masuk ke bak. Karena kalau dia sudah berada di dalam bak dan airnya baru diisi, kemudian dikhawatirkan suhu air terlalu panas atau terlalu dingin. Tentu ini akan berbahaya bagi dia kan, Bu.

4. Atur suhu air

Sebelum memandikan Si Kecil, Ibu harus mengecek suhu air terlebih dahulu. Suhu yang ideal adalah sekitar 32 derajat Celcius, sehingga tidak terlalu hangat dan tidak terlalu dingin. Caranya, masukkan lengan atau siku Ibu ke dalam air. Jika suhu terasa nyaman, maka Si kecil juga akan betah ketika mandi.

Supaya tubuh Si kecil tidak kaget, Ibu bisa menggendongnya dan perlahan lahan memasukan Si kecil ke dalam air, mulai dari kakinya. Jangan menambah air ketika sesi mandi sedang berlangsung, karena suhu akan berubah dan Si kecil bisa kedinginan.

5. Cara memandikan Si Kecil

Basuh Si Kecil dengan air secara lembut dengan satu tangan dan perlahan mulai dari atas kepala, leher dan yang lainnya. Pastikan Ibu membasuh di semua lipatan, termasuk di bawah dagunya. Basuh bagian bawah Si Kecil pada saat terakhir. Jangan memandikan lebih dari 5 menit untuk menghindari Si Kecil masuk angin ya.

6. Angkat Si Kecil dengan lembut dan hati-hati saat keluar dari bak mandi

Setelah itu, langsung selimuti Kecil dengan menggunakan handuk lembut, kemudian keringkan tubuh bayi dengan perlahan dan lembut. Ibu juga bisa mengoleskan balsam bayi Transpulmin Baby yang diformulasi khusus untuk Si Kecil usia 0 – 24 bulan untuk memberikannya kehangatan khusus yang membuat nyaman. Kandungan alami Transpulmin Baby sudah terpercaya selama 30 tahun lebih dan telah direkomendasikan banyak dokter. Jadi, Si Kecil pun bisa lebih nyaman dan rileks setelah mandi ya, bu.

Semoga informasinya bermanfaat dan bath-time Si Kecil lebih menyenangkan ya!

 

Sumber:

https://www.cussonsbaby.co.id/artikel/9-cara-memandikan-bayi-yang-perlu-diperhatikan/

https://www.haibunda.com/parenting/20181022160012-61-27145/6-tips-aman-memandikan-balita

https://www.blibli.com/friends/blog/tips-memandikan-si-kecil/

Kembali ke Kumpulan Artikel