Yuk Ketahui Lebih Dalam tentang Tahap Perkembangan Si Kecil

April 21, 2020

 

Sebagai ibu, kehadiran Si Kecil merupakan anugerah terindah. Setelah dikandung selama 9 bulan, akhirnya ia dilahirkan dengan sempurna. Dapat disentuh, dilihat, ditimang, bahkan digendong. Harapan ibu hanya satu, ia bisa tumbuh sehat dan pintar. Tapi kadang kala ibu juga ragu, apakah Si Kecil sudah tumbuh sesuai dengan seharusnya?

Jangan takut Bu, yuk ketahui lebih dalam tentang pertumbuhan Si Kecil mulai dari usia 0 bulan hingga 3 tahun.

0 bulan

Si Kecil baru lahir. Respon alaminya terhadap situasi yang tidak menyenangkan hanyalah menangis. Saat buang air, ia menangis. Lapar pun ia menangis. Namun secara perlahan, ibu bisa membedakan jenis tangisannya pada keadaan berbeda.

2 bulan

sudah bisa mengangkat kepalanya saat ia sedang tengkurap. Ia juga dapat melihat lebih jauh. Ibu dan ayah pun kadang dikagetkan olehnya yang sudah mulai bisa mengeluarkan suara-suara tidak jelas.

4 bulan

Si Kecil bisa lebih banyak ‘merespon’ obrolan orang tuanya. Ia juga sudah lebih mandiri, bisa tengkurap dan terlentang sendiri. Bahkan Si Kecil akan meraih benda-benda yang ada di sekitarnya.

6 bulan

Si Kecil sekarang suka bermain ludah dan berguling dua arah. Selain itu banyak benda-benda yang ingin dimasukkan ke mulutnya. Si Kecil melakukannya untuk mengenal tekstur benda-benda tersebut. Ia juga sedang berlatih merangkak. Ocehannya pun lebih banyak. Bahkan kadang ia bisa meniru kata-kata orang tua.

8 bulan

Si Kecil akan menunjukkan keinginannya dengan isyarat tubuh. Ia juga sudah bisa merangkak. Bahkan ia dapat berdiri dengan bantuan benda-benda di sekitarnya.

10 bulan

Si Kecil sudah lebih lincah. Ia bisa menjelajahi rumah dengan merangkak. Si Kecil juga bisa melambaikan tangannya.

12 bulan

Si Kecil sekarang sudah bisa menirukan kegiatan orang lain. Ia juga sering mengoceh dengan suara yang lebih jelas.

15 bulan

Si Kecil sudah bisa mencoret-coret. Jadi jangan kaget ya Bu kalau dinding rumah jadi sasarannya.

24 bulan

Si Kecil sekarang mampu menendang bola dan menunjuk gambar. Ia juga sanggup melepaskan pakaiannya. Si Kecil sudah semakin mandiri ya Bu.

3 tahun

Si Kecil makin mengenal lingkungannya. Ia mampu menyebutkan warna di sekitarnya, juga nama teman yang sering bertemu dengannya.

Si Kecil akan terus tumbuh. Hingga tidak terasa ia tiba-tiba sudah besar. Kadang saat ia sedang sibuk mengeksplor kemampuannya, kuman bisa menyerang hingga Si Kecil batuk pilek. Nah, ibu bisa menyediakan balsam Transpulmin untuk meredakannya. Oleskan Transpulmin pada dada, punggung, dan leher Si Kecil.

Transpulmin punya 2 varian yang bisa menemani Si Kecil pada umur yang berbeda. Saat Si Kecil berusia 0-24 bulan, ibu bisa mengoleskan Transpulmin Baby. Sedangkan saat ia sudah lebih besar, ibu bisa menyediakan Transpulmin Kids untuk menemaninya beraktivitas.

 

Referensi:

https://www.healthline.com/health/childrens-health/stages-of-child-development#birth-18-months

https://www.ccrcca.org/parents/your-childs-growth-and-development

https://raisingchildren.net.au/newborns/development/understanding-development/baby-development

Kembali ke Kumpulan Artikel