Menjaga Si Kecil Agar Terhindar dari Sakit Selama Perubahan Cuaca Ekstrem

April 18, 2020

 

Cuaca sekarang ini tidak menentu dan cenderung ekstrem. Kadang terjadi hujan deras bahkan banjir. Sementara keesokan harinya sangat panas hingga membuat sakit kepala.

Sejalan dengan perubahan cuaca, kelembapan udara pun berubah. Udara yang lebih lembap menjadi medium yang sangat cocok bagi berkembangnya kuman.

Tubuh manusia pun dipaksa beradaptasi terus-terusan terhadap perubahan cuaca. Tapi ada saatnya tubuh tidak sanggup beradaptasi.

Apalag anak-anak lebih rentan terhadap perubahan cuaca. Kekebalan tubuh mereka belum sebaik orang dewasa. Karena itu mereka yang paling rentan terkena penyakit.

Untuk mencegah Si Kecil sakit, orang tua bisa melakukan beberapa hal ini. Misalnya mencegah Si Kecil terpapar cuaca ekstrem terus menerus. Jadi ibu bisa mengajak anak bermain di rumah. Misalnya saat hujan atau angin kencang. Bahkan saat lingkungan sedang terlalu panas.

Bila terpaksa keluar rumah pada cuaca ekstrem, bekali anak dengan alat-alat tertentu. Saat cuaca menjadi dingin, berikan anak alat pelindung seperti jaket. Sedangkan saat sedang panas-panasnya, pastikan anak menggunakan payung dan topi.

Saat anak terpaksa berdiam di dalam rumah, jangan biarkan anak sama sekali tak beraktivitas. Ajak ia senam ringan atau bermain yang memaksanya menggerakkan tubuh. Aktivitas fisik sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tips lain yang bisa dipraktikkan semua ibu adalah memastikan lingkungan bersih dan bebas asap rokok. Lingkungan bersih sangat penting untuk meminimalkan adanya kuman yang bisa menyerang kesehatan Si Kecil. Lalu biarkan anak cukup tidur dan berikan asupan nutrisi yang seimbang. Pastikan juga kebersihan makanan dan minumannya. Hal-hal di atas sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya.

 

Referensi:

https://www.aap.org/en-us/advocacy-and-policy/aap-health-initiatives/Children-and-Disasters/Pages/Extreme-Temperatures-Heat-and-Cold.aspx

https://www.cmu.edu/steinbrenner/EPA%20Factsheets/children-health-climate-change.pdf

https://www.apha.org/-/media/files/pdf/topics/climate/childrens_health.ashx?la=en&hash=02D821C65EDCAB093A48AD7B101EC73080A216BF

https://www.neefusa.org/weather-and-climate/weather/childrens-health-changing-climate

 

 

Kembali ke Kumpulan Artikel