Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Si Kecil Biar Enggak Gampang Bapil

April 12, 2020

 

Sistem kekebalan Si Kecil belum sekuat orang dewasa. Jadi kesehatan Si Kecil memang lebih rentan. Apalagi saat musim hujan, Si Kecil akan lebih mudah batuk dan pilek. Tapi tidak perlu khawatir, Ibu bisa melakukan beberapa cara untuk meningkatkan kekebalan buah hati. Biar Si Kecil terhindar dari bapil. Yuk disimak Bu.

Vaksinasi

Saat baru lahir, bayi memiliki kekebalan terhadap kuman tertentu melalui antibodi atau zat kekebalan tubuh yang didapat dari ibu saat ia masih berada dalam kandungan. Beberapa waktu setelah lahir, zat kekebalan tubuh ini akan hilang secara alami karena bayi sudah tidak berada dalam kandungan ibu. Oleh karena itu, untuk mendapatkan perlindungan terhdapa bakteri atau virus penyebab penyakit, perlu diberikan vaksin.

Vaksin adalah antigen bakteri, racun, atau pun virus penyebab penyakit yang sudah dilemahkan atau dimatikan. Vaksin ini bekerja merangsang sistem kekebalan tubuh manusia. Tubuh akan mengira ia sedang diserang kuman aktif. Proses ini kemudian direspon dengan memproduksi antibodi yang diam dalam tubuh dan akan melindungi tubuh di masa yang akan datang. Si Kecil pun jadi lebih terjaga.

Nutrisi yang cukup

Seiring pertumbuhannya, Si Kecil memerlukan asupan lain selain ASI. Maka penting untuk memberikannya makanan yang bergizi. Sehingga nutrisi tubuh Si Kecil cukup. Berikan vitamin, mineral, dan antioksidan lainnya lewat sayuran dan buah.

Olah raga

Dukung Si Kecil beraktivitas dan berolahraga. Ia bisa dilatih berenang atau bermain secara aktif hingga menggerakkan seluruh tubuhnya. Olah raga akan memberikan efek positif pada sistem imunitas tubuhnya.

Istirahat yang cukup

Usahakan Si Kecil memiliki waktu tidur yang cukup. Kurangnya istirahat dan kualitas tidur akan menurunkan kekebalan tubuhnya.

Hindari asap rokok

Asap rokok mengandung berbagai bahan berbahaya. Antara lain nikotin, karbon monoksida, tar, hingga zat-zat karsinogenik (pemicu kanker) lainnya. Asap rokok ini bisa bertahan di udara hingga beberapa jam. Bahkan menempel pada benda-benda di dalam rumah. Nah, selain bisa menyebabkan gangguan pernapasan, asap rokok juga bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh Si Kecil.

Jika ibu sudah berusaha namun bapil tetap menyerang, segera sediakan Transpulmin. Oleskan Transpulmin pada dada, leher, dan punggung Si Kecil agar ia lebih tenang dan nyaman beristirahat. Biarkan sistem kekebalan tubuhnya melawan penyakit.

 

Referensi:

https://health.clevelandclinic.org/want-boost-childs-immune-system-5-tips/

https://www.cdc.gov/vaccines/parents/infographics/strengthen-baby-immune-system.html

https://www.choc.org/health-topics/kids-immune-system/

https://www.parents.com/health/cold-flu/cold/boost-childs-immunity/

 

Kembali ke Kumpulan Artikel