5 Permainan Sederhana yang Bisa Dimainkan di Rumah Bersama Si Kecil

April 3, 2020

Meski disebut hanya ‘bermain’, sebetulnya waktu ini sangat penting bagi Si Kecil. Bermain bisa mengembangkan kreativitas juga kemampuan motorik halus dan kasarnya. Bahkan dapat membangun koneksi emosional antara Si Kecil dan orang tua juga kemampuan komunikasinya. Lalu apa saja permainan yang bisa dimainkannya di rumah bersama ibu?

Bermain peran

Bermain peran bisa meningkatkan imajinasinya. Biarkan ceritanya diatur Si Kecil. Ibu bisa menemaninya dengan mengikuti peran yang sudah ditentukan.

Bermain peran juga memicunya meniru profesi yang pernah Si Kecil lihat. Misalnya menjadi polisi atau dokter. Ini akan membantunya mengenal profesi yang ada. Juga membuat ibu lebih mengenal minatnya. Kadang cita-cita Si Kecil memang mudah berubah. Hari ini ia ingin menjadi pilot, besok menjadi perawat. Tapi ibu bisa mendukung dan mengapresiasi minatnya.

Pasir kinetis

Pasir kinetis membantunya lebih kreatif. Sangat mirip dengan pasir pantai, kinetic sand bisa dicetak menjadi berbagai macam bentuk. Bermain pasir ini berguna untuk memperkuat ototnya saat ia belajar menggenggam. Sistem sarafnya juga dilatih lebih baik.

Melipat kertas

Melipat kertas sudah ada sejak lama. Bahkan hingga menjadi cabang seni origami. Ibu bisa membimbingnya melipat berbagai macam bentuk. Misalnya yang paling sederhana pesawat kertas. Atau bisa juga berbagai binatang.

Melipat kertas berwarna-warni bahkan bermotif ini akan melatih Si Kecil fokus untuk mencapai tujuan. Sebab ada instruksi yang harus diikuti untuk mencapai bentuk yang diinginkan.

Bermain puzzle

Puzzle bisa melatih kemampuan motorik halus. Puzzle juga bisa menjadi sarana olah raga otak bagi Si Kecil. Memasangkan, mencocokkan gambar, memecahkan teka-teki. Semua bisa ia latih saat bermain puzzle. Namun kadang Si Kecil juga cepat bosan. Tipsnya adalah memainkan puzzle saat Si Kecil sudah mencapai usia yang sesuai. Setidaknya saat ia berumur dua tahun ke atas. Sesuaikan juga tingkat kesulitannya dengan kemampuan Si Kecil.

Menggambar

Daripada mencoret-coret dinding dan bikin ibu pusing, ibu bisa mengajak Si Kecil menggambar. Cukup berbekal kertas dan pensil, bebaskan ia mencoret-coret semaunya. Lama-lama, semakin banyak mengamati benda-benda di lingkungannya, ia akan mampu menggambar dengan lebih detail. Jika umurnya sudah lebih besar, Si Kecil bisa diberikan alat mewarnai. Misalnya krayon atau spidol warna-warni untuk memperindah gambarnya.

 

Referensi:

https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/bella-lesmana/pilihan-mainan-saat-floor-time-bersama-anak-di-rumah/full

https://mommypoppins.com/ny-kids/50-indoor-activities-for-a-rainy-day

https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/memilih-mainan-anak-sesuai-usia/

 

 

 

 

Kembali ke Kumpulan Artikel