Bagaimana Cara Mengenali dan Mencegah Cacingan pada Si Kecil?

March 12, 2020

Aktivitas Si Kecil tentu perlu didukung. Namun bagaimana kalau ia senang kotor-kotoran? Bermain tanah? Tentu saja tetap harus disokong Hanya saja ibu perlu lebih waspada agar ia tidak terkena infeksi cacing.

Si Kecil memang rentan terkena penyakit cacingan. Telur atau larva cacing bisa masuk ke tubuhnya dan berkembang biak. Beberapa cacing yang bisa masuk ke dalam tubuh di antaranya cacing gelang, cacing cambuk, cacing tambang, dan cacing kremi.

Cacing berlaku sebagai parasit dan hidup dalam usus halus atau usus besar. Cacing yang masuk ke dalam tubuh bisa mengambil nutrisi dalam usus. Padahal Si Kecil sedang dalam masa pertumbuhan dan memerlukan nutrisi yang optimal.

Beberapa gejala yang dapat dilihat contohnya:

  1. Berat badan menurun
  2. Kurang nafsu makan

Jika tidak segera diatasi, berat badan Si Kecil akan berkurang drastis.

  1. Perut terasa nyeri
  2. Sering merasa sakit perut
  3. Kemerahan di sekitar anus

Cacing berkembang biak dengan cara bertelur atau mengeluarkan larva di anus. Maka Si Kecil akan merasa gatal di bagian tubuh tersebut.

Ada beberapa cara untuk mencegah Si Kecil terinfeksi cacing. Utamanya menjaga kebersihan tubuh dan makanan. Beberapa langkah di antaranya adalah:

  1. Menggunakan alas kaki

Bangun kebiasaan menggunakan alas kaki setiap Si Kecil beraktivitas. Hal ini akan mengurangi risiko masuknya telur cacing melalui kulit kakinya.

  1. Rutin memotong kuku

Jangan lupa memotong kuku tangan dan kaki sang buah hati. Pertumbuhan telur cacing pun terhambat.

  1. Selalu mencuci tangan dengan sabun

Ibu bisa mengajarkan Si Kecil untuk mencuci tangan. Terutama saat setelah bermain, sebelum dan sesudah makan. Juga sebelum dan setelah buang air.

  1. Masak bahan makanan dengan tepat

Sebaiknya Si Kecil hanya makan bahan pangan yang sudah matang. Sayuran dan buah yang dikonsumsi secara mentah harus dipastikan kebersihannya. Telur cacing bisa saja ada pada tanah yang menempel di bahan makanan.

Kalau infeksi cacing sudah terjadi, Ibu bisa mengajak Si Kecil untuk berkonsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat yang bisa membasmi cacing.

Kembali ke Kumpulan Artikel