Tips Mencegah Bapil Walau Si Kecil Suka Main Hujan

March 12, 2020

Si Kecil selalu tertarik dengan hujan. Bahkan kadang merengek dibolehkan mandi hujan. Namun Ibu sering melarangnya. Penyebabnya, ibu takut kalau Si Kecil sakit. Demam, bahkan batuk pilek. Namun Si Kecil justru jadi kucing-kucingan dengan orang tua dan tetap main hujan.

Tahukah Ibu, sebetulnya ada segudang manfaat Si Kecil mandi hujan lho. Antara lain:

Menambah kemampuan motorik dan fisik

Si Kecil akan menggerakkan seluruh tubuhnya. Melompat-lompat, menginjak-injak air, merasakan hujan di kulitnya. Berlari-lari ke sana kemari. Tidak mau diam.

Semua Gerakan tersebut akan merangsang syaraf-syaraf motorik dan kemampuan fisiknya secara optimal.

Menambah pengetahuan

Akan lebih baik jika ibu menemaninya main hujan. Itu bisa jadi kesempatan yang tepat menjelaskan tentang hujan. Asalnya, siklusnya. Ini juga akan memicunya mengajukan pertanyaan lain terkait alam semesta.

Membangkitkan kreativitas dan imajinasi Si Kecil

Khayalan Si Kecil akan muncul saat mereka bermain hujan. Mereka akan melakukan berbagai aktivitas untuk mendukung khayalannya. Bermain kapal-kapalan, berbicara dengan langit. Ini akan menambah kreativitasnya.

Meskipun banyak manfaatnya, mandi hujan juga punya beberapa risiko. Si Kecil bisa terserang demam dan batuk pilek. Untuk menghindarinya, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Tidak bermain di hujan pertama

Berikan pengertian pada Si Kecil untuk mulai bermain pada hujan selanjutnya. Hujan yang pertama kali turun biasanya mengandung polusi udara, debu, dan kotoran. Soalnya, hujan pertama berfungsi membersihkan udara. Jadi, agar Si Kecil tetap sehat, lebih baik menunggu hingga hujan ketiga atau keempat.

Segera mandi air hangat

Lepaskan baju Si Kecil dan mandi dengan air hangat untuk menjaga suhu tubuhnya. Gunakan juga sabun antiseptik untuk mencegah infeksi kuman.

Sediakan makanan dan minuman hangat dan istirahat

Si Kecil akan merasa lapar dan kedinginan. Berikan asupan nutrisi yang hangat untuk mengembalikan kondisinya. Lalu istirahat untuk memulihkan tenaganya yang sudah terkuras saat bermain hujan.

Oleskan Transpulmin

Transpulmin akan menghangatkan tubuh Si Kecil sehingga tidak terserang demam. Aromanya juga menenangkan dan membantunya beristirahat.

Kembali ke Kumpulan Artikel