Bagaimana Cara Menjaga Nutrisi Si Kecil Selama Sakit?

March 12, 2020

Si Kecil belum mempunyai sistem kekebalan tubuh yang sempurna. Karena itu mereka masih rentan terkena berbagai macam penyakit. Influenza, demam, batuk dan pilek sebagian dari penyakit yang sering menyerang.

Biasanya, Si Kecil akan kehilangan nafsu makan saat sakit. Apalagi yang sehari-harinya memang sulit makan. Beberapa bahkan harus dikejar atau diming-imingi makanan penutup.  Padahal nutrisi harus dijaga, bahkan memerlukan gizi lebih banyak,  agar Si Kecil cepat pulih dari penyakitnya.

Berikut ada tips-tips bagi ibu untuk memastikan Si Kecil terpenuhi gizinya:

 

  1. Berikan Makanan Kesukaan yang Bergizi

Si Kecil akan lebih mudah mengonsumsi makanan yang menjadi kesukaannya. Namun, tetap pastikan bahwa makanannya memiliki gizi yang baik.

  1. Bentuk makanannya menjadi lebih menarik

Bentuk-bentuk yang lucu dan menarik terbukti meningkatkan keingintahuan Si Kecil sehingga kemauan konsumsinya meningkat.

  1. Berikan makanan dalam porsi kecil tetapi sering

Jangan paksa Si Kecil untuk makan dalam jumlah banyak. Saat sedang sakit Si Kecil lebih rentan merasakan mual dan bahkan sampai muntah. Karena itu sebaiknya tidak usah diberikan makanan berporsi besar. Berikan saja sedikit-sedikit namun sering.

  1. Sediakan makanan beraroma lezat

Makan melibatkan berbagai macam indera. Dengan memberikan aroma yang lezat pada makanan, Si Kecil akan lebih tertarik makan.

  1. Menyediakan makanan hangat dan berkuah

Si Kecil lebih mudah menelan makanan berkuah. Misalnya makanan hangat dan berkuah seperti sup ayam padat gizi.

Untuk meringankan gejala sakit seperti demam dan batuk pilek, ia dapat diberikan Transpulmin balsam. Saat gejala mereda, biasanya Si Kecil akan lebih mudah makan.

Namun jika Si Kecil tetap tidak mau makan, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan memberikan vitamin atau penambah nafsu makan.

 

Kembali ke Kumpulan Artikel