Tips jaga imunitas Si Kecil selama sekolah tatap muka

28/04/2022
Tips jaga imunitas Si Kecil selama sekolah tatap muka

Kesehatan tentunya menjadi prioritas bagi pemerintah dalam menetapkan pembelajaran tatap muka. Ada skala prioritas yang harus dijalankan secara ketat dalam menggelar pembelajaran tatap muka ini, yakni melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan melaksanakan vaksinasi terhadap Si Kecil usia sekolah.

Memang, infeksi Covid-19 pada anak-anak, terutama yang masih kecil, cenderung lebih ringan, yang berarti mereka tidak memiliki gejala separah orang dewasa dan bahkan sebagian besar Si Kecil cenderung mengalami infeksi tanpa gejala. Akan tetapi, tidak dapat dimungkiri bahwa kasus infeksi COVID-19 pada Si Kecil yang berat juga dapat ditemui.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan, sistem kekebalan tubuh yang baik dapat dibangun dengan gaya hidup sehat, terutama makan makanan yang bergizi, berolahraga secara teratur, serta tidur yang cukup. Imunitas Si Kecil yang optimal dapat menjadi penghalang risiko seseorang dalam tertular infeksi COVID-19.

Untuk menjaga kesehatan anak, ini dia tips menjaga Si Kecil tetap sehat saat PTM berlangsung yang perlu Ibu tahu.

  1. Mengajarkan Si Kecil gaya hidup sehat dan menjaga protokol kesehatan

Salah satu cara terbaik untuk menjaga Imunitas Si Kecil tetap aman adalah memberinya pemahaman tentang pencegahan. Pastikan Si Kecil diajarkan untuk menjaga kebersihan diri mulai dari rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Ajarkan Si Kecil untuk mempraktikkan etiket pernapasan, seperti menutup mulut di lipatan sikut mereka saat bersin dan memastikan mereka mengikuti panduan setempat untuk memakai masker dengan benar selama kegiatan PTM. Jadikan hal-hal seperti itu menjadi kebiasaan Si Kecil ya, Bu.

  1. Pastikan memilih makanan sehat dan bergizi

Si Kecil perlu makan setidaknya empat kelompok makanan setiap hari, yaitu buah dan sayuran yang sehat dan berwarna-warni, biji-bijian, kacang-kacangan, produk hewani dan susu, dan makanan pokok seperti nasi.

Agar Si Kecil tetap aktif di siang hari, tambahkan satu atau dua camilan sehat untuk dimakan di antara waktu makan dan perbanyak air mineral agar tetap terhidrasi. Pilih camilan seperti buah atau sayuran yang lunak atau dipotong-potong sesuai dengan usia Si Kecil.

  1. Berikan waktu istirahat yang cukup untuk anak

Durasi optimal tidur malam bagi Si Kecil bergantung pada usianya. American Academy of Pediatrics merekomendasikan seperti di bawah ini:

  1. Pastikan Si Kecil rutin beraktivitas fisik

Sekarang ini, khususnya sejak diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh, Si Kecil lebih banyak duduk daripada biasanya. Mereka menghabiskan berjam-jam setiap hari di depan layar (TV, smartphone, tablet, atau perangkat lain) melihat berbagai media. Ibu bisa mencoba membatasi jumlah waktu yang dihabiskannya untuk aktivitas pasif ini untuk membuatnya lebih aktif.

  1. Mendorong Si Kecil untuk tetap mengikuti imunisasi sesuai jadwal

Sejak awal diumumkannya pandemi, cakupan imunisasi rutin untuk mencegah penyakit Si Kecil seperti campak, rubella, dan difteri sempat menurun, padahal itu dapat meningkatkan kerentanan penyebaran infeksi baru, khususnya kepada Si Kecil di bawah 12 tahun yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Untuk itu, Ibu harus tetap memberikan imunisasi lainnya sesuai jadwal untuk kepentingan kesehatan Si Kecil jangka panjang. Saat hendak menuju tempat imunisasi, pastikan Si Kecil tidak sedang demam, batuk, pilek, diare, ataupun ada riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi Covid-19.

Pastikan pula riwayat imunisasi Si Kecil tercatat rapi di buku KIA atau buku catatan imunisasi dan Ibu datang tepat waktu ke tempat imunisasi untuk mengurangi kontak dengan banyak orang.

Untuk membuat Si Kecil lebih nyaman saat kembali bersekolah, Ibu bisa membalurkan balsam yang mengandung bahan alami, seperti Transpulmin Kids yang mengandung eucalyptus dan ekstrak chamomile, yang hangat dan aromanya memberikan efek relaksasi.

Jika gejala flu dan pilek sudah mulai muncul, bantu redakan dengan balsam Transpulmin Kids yang telah direkomendasikan ahli lebih dari 30 tahun. Balurkan balsam Transpulmin Kids untuk Si Kecil di atas usia 3 tahun di dada, punggung, dan leher, serta rasakan manfaatnya!

Jangan lupa selalu stock Transpulmin untuk Si Kecil ya, Bu!

Sumber :

https://www.parenting.co.id/usia-sekolah/8-tip-tingkatkan-daya-tahan-tubuh-anak-saat-wajib-ptm-

https://www.kelaspintar.id/blog/parenting/kembali-ke-sekolah-tips-menjaga-anak-tetap-sehat-14669

Kembali ke Kumpulan Artikel