Inilah Tanda-Tanda Si Kecil Sudah Siap MPASI!

10/12/2021
Inilah Tanda-Tanda Si Kecil Sudah Siap MPASI!
Kenali tanda-tanda Si Kecil siap MPASI

Idealnya, Si Kecil disarankan untuk belajar mengkonsumsi makanan padat pada saat usianya mencapai 6 bulan. Mengapa harus menunggu 6 bulan? Karena pada usia tersebut, sistem pencernaan Si Kecil sudah lebih siap menerima asupan lain selain susu. 

Bila kurang dari usia tersebut, sistem pencernaan akan bekerja lebih berat untuk mengolah makanan selain susu. Seiring dengan proses perkenalannya dengan makanan padat, Si Kecil tetap masih membutuhkan asupan ASI di beberapa waktu tertentu sesuai dengan jadwal makannya.

Hal ini bertujuan untuk memastikan kebutuhan gizi hariannya terpenuhi dengan baik. Namun, selain mempertimbangkan usia si kecil saat ini, Ibu juga bisa memperhatikan tanda-tanda Si Kecil sudah siap MPASI.

Inilah tanda-tanda yang paling sering dijumpai ketika Si Kecil sudah siap makan MPASI. Yuk disimak, Bu!

1. Si Kecil mampu duduk dengan tegak dan bisa menegakkan kepalanya.

Leher Si Kecil akan lebih kuat pada masa usianya 4 hingga 5 bulan. Di usia ini, biasanya Si Kecil sudah mampu duduk dengan tegak dan menegakkan lehernya. Hal ini sangat penting karena Si Kecil harus menelan makanannya dengan kondisi leher yang tegak. Sehingga apabila Si Kecil belum bisa menegakkan lehernya, lebih baik pemberian MPASI ditunda.

2. Si Kecil sudah mampu untuk duduk sendiri.

Postur tubuh Si Kecil sangat penting ketika makan, karena jika posturnya tidak tepat dapat menyebabkan Si Kecil tersedak. Sebagai tahap awal pendidikannya, biasakan Si Kecil untuk makan sambil duduk di atas bangku. Hal ini dilakukan agar Si Kecil terbiasa dengan suasana makan bersama keluarga di meja makan.

3. Si Kecil sudah bisa membuka mulutnya dengan lebar

Dekatkan mulutnya dengan sendok. Bila ia membuka mulut lebar-lebar, itu tandanya ia sudah siap menerima MPASI. Bayi 6 bulan biasanya bertingkah ingin mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya. Karena sering melihat ayah dan bundanya makan dengan sendok, ia juga ingin mencobanya.

4. Si Kecil mulai tertarik dengan makanan yang Ibu makan

Ketika menjelang usia 6 bulan, Si Kecil akan tertarik dengan apa yang Ibu makan. Biasanya, Si Kecil akan memperhatikan makanan yang Ibu makan suap demi suap, dan tak jarang menangis karena ingin mencicipi makanan Ibu.

5. Terjadinya perubahan pola makan dan pola tidur

Bayi yang sudah siap menerima makanan selain ASI biasanya membutuhkan asupan makanan lebih banyak daripada biasanya, sehingga pola makan dan pola tidurnya berbeda dari biasanya.

Misalnya, ia meminum susu lebih sering daripada biasanya. Bila sehari-hari ia minum 5 kali dan sekali minum adalah 120 ml, kapasitas lambungnya sekitar 120 ml. Karena ia butuh kalori lebih namun kapasitas lambungnya terbatas, maka ia meminta tambahan susu pada malam hari sehingga total menjadi 6 kali.

Bayi 6 bulan biasanya sudah dapat tidur lebih lama di malam hari, sehingga tidak bangun setiap 2-3 jam seperti bayi baru lahir. Kini ia sering terbangun menangis karena lapar. Atau, ia bangun lebih pagi dari biasanya dan menangis minta susu. Itulah tandanya ia siap menerima MPASI.

Itu dia tanda-tanda Si Kecil sudah siap MPASI. Berikan nutrisi pendamping ASI yang sesuai untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil, namun bila bapil melanda bantu redakan dengan Transpulmin Baby. Transpulmin adalah balsam khusus Si Kecil yang telah dipercaya lebih dari 30 tahun dari bahan alami berupa ekstrak chamomile dan eucalyptus yang mampu redakan gejala bapil dan gangguan kesehatan lain, termasuk demam. Balurkan balsam Transpulmin di dada, punggung dan lehernya tipis-tipis untuk mendapatkan manfaatnya.

Jangan lupa selalu stock Transpulmin untuk Si Kecil ya Bu!

Sumber: 

Kembali ke Kumpulan Artikel