Tummy Time, Latihan Penting untuk Perkembangan Otot Si Kecil!

14/09/2021
Tummy Time, Latihan Penting untuk Perkembangan Otot Si Kecil!
Tummy time

Tummy time merupakan sesi rutin menengkurapkan Si Kecil atau berbaring di atas perutnya selama beberapa saat secara rutin. Sesi latihan ini berguna untuk perkembangan otot leher, punggung, bahu, serta perut yang nantinya diperlukan bayi untuk mengangkat kepala, duduk, merangkak, dan berjalan.

Sesi latihan ini sebetulnya bisa dilakukan sesaat setelah bayi lahir. Misalnya, Ibu bisa melakukannya sambil inisiasi menyusui dini. Bila ingin dilakukan secara rutin sebaiknya mulai dilakukan saat Si Kecil sudah menunjukkan gerakan ingin tengkurap yang biasanya saat memasuki usia tiga atau empat bulan.

Selain melatih otot-otot penopang Si Kecil, manfaat lain yang bisa didapatkan yaitu untuk mencegah sindrom kepala datar atau plagiocephaly. Sindrom ini timbul apabila Si Kecil tidur dan bermain hanya di posisi berbaring terus menerus, lama kelamaan tengkorak kepalanya dapat menjadi datar. Walaupun tidak berbahaya, namun akan mempengaruhi penampilan dan bentuk kepala Si Kecil.

Saat melakukannya, Si Kecil harus berada di bawah pengawasan orang tua, tidak boleh ditinggal atau dibiarkan begitu saja. Selain itu, sesi latihan ini lebih baik dilakukan sebelum jam makan Si Kecil. Jika dilakukan sehabis menyusui atau makan akan beresiko membuat Si Kecil muntah.

Durasi ideal untuk Tummy Time yaitu sekitar 15 menit dalam sehari dengan dibagi menjadi dua hingga tiga sesi berbeda. Pastikan setiap sesi berlangsung selama lima menit ya Bu.

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan Tummy Time

Dalam melakukan Tummy Time juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya seperti berikut

Harus diingat juga waktu ideal untuk setiap sesi Tummy Time ya, Bu. Karena jika tidak, bisa menyebabkan punggung Si Kecil menjadi sakit. Jika punggung Si Kecil mulai sakit, bantu redakan dengan Transpulmin Baby. Transpulmin adalah balsam khusus Si Kecil yang telah dipercaya lebih dari 30 tahun dari bahan alami berupa ekstrak chamomile dan eucalyptus yang mampu redakan gejala bapil dan gangguan kesehatan lain, termasuk sakit punggungnya. Balurkan balsam Transpulmin di dada, punggung dan lehernya tipis-tipis untuk mendapatkan manfaatnya.

Jangan lupa selalu stock Transpulmin untuk Si Kecil ya Bu!

Sumber:

Kembali ke Kumpulan Artikel