Si Kecil Tetap Hangat Saat Musim Hujan

March 26, 2021

 

Bayi yang kedinginan bisa dilihat dari kondisi kulitnya. Warna kulit bayi akan berubah menjadi belang-belang antara merah dan putih. Gerakannya pun akan sedikit dan cenderung lebih diam dari biasanya. Musim hujan dengan cuaca yang berubah menjadi dingin membuat Ibu perlu waspada terhadap kesehatan si Kecil, agar Si Kecil tidak kedinginan.

1. Berusaha melakukan skin to skin 

Menghangatkan tubuh si Kecil dari udara dingin bisa dilakukan dengan melakukan kontak skin to skin.

Untuk Ibu yang belum mengetahui istilah ini, kontak skin to skin adalah kondisi di mana si Kecil akan bersentuhan kulit secara langsung bersama orangtuanya. Skin to skin contact ini bisa dilakukan si Kecil bersama Ibu atau Papa.

Kontak kulit ini terjadi dengan sama-sama bertelanjang dada agar sentuhan kulit bisa secara langsung. Peluk dirinya, sehingga suhu tubuh Ibu yang hangat bisa mengalir ke si Kecil. Dengan memberikan kehangatan ini, suhu tubuhnya pun akan meningkat.

Namun, saat melakukan skin to skin contact perlu sekali menggunakan selimut tipis. Ini berguna untuk menutupi bagian atas agar si Kecil tidak merasa kedinginan saat proses skin to skin contact berlangsung.

Selain membantu menghangatkan suhu tubuh si Kecil yang kedinginan, skin to skin contact dapat memiliki manfaat lain seperti:

2. Menaikan suhu ruangan

Saat cuaca dingin dan kurang bersahabat untuk tubuh si Kecil, Ibu bisa menghangatkannya dengan menaikkan suhu ruangan.

Suhu aman AC di kamar anak yaitu sekitar 25-26˚C. Bila memungkinkan, sesekali AC perlu dimatikan sejenak agar si Kecil tidak merasa kedinginan.

Selain itu, untuk menghangatkan tubuhnya yang masih mungil bisa juga menggunakan lampu 40-60 watt. Letakkan di atas tubuh si Kecil dengan jarak sekitar 1,5 meter darinya. Lampu akan membantu untuk menghangatkan tubuhnya di cuaca yang cukup dingin.

3. Selalu periksa popoknya

Bu, sudah tahu belum kalau popok ternyata bisa menyebabkan Si Kecil kedinginan?

Kalau Ibu baru mengetahuinya, itu berarti harus mulai memperhatikan dan selalu periksa popok si Kecil. Popok yang dibiarkan basah dan tidak diganti dalam waktu yang cukup lama dapat membuat bayi merasa kedinginan

Penyebabnya karena kulit yang basah akibat popok tidak diganti lalu udara sekitar yang dingin, sehingga membuat si Kecil semakin kedinginan.

Belum lagi kalau cuaca sedang dingin, si Kecil tentunya akan semakin menggigil. Untuk itu, Ibu perlu sekali memeriksa dan memastikan kondisi popok tetap kering.

Bila dirinya pipis atau buang air besar, segera ganti popok yang sudah basah dan jangan ditunda ya!

4. Menyiapkan pakaian selama musim dingin 

Selain selalu berusaha untuk mengatur kembali suhu ruangan, Ibu juga perlu menyiapkan perlengkapan si Kecil selama musim hujan.

Untuk semakin membuat Ibu yakin agar si Kecil tidak kedinginan, cobalah memakaikan pakaian yang berlapis. Jika tidak ingin terlalu banyak pakaian yang dipakai, gunakan pakaian yang memang benar-benar membuat dirinya merasa nyaman dan hangat.

Jika kaki dan tangan si Kecil terasa dingin, cobalah untuk mengenakan kaus kaki serta sarung tangan untuknya. Walau sepele, kaus kaki dapat membuatnya lebih terasa hangat.

Bijaklah dalam memilih pakaian si Kecil selama musim dingin. Hindari pakaian yang menyerap lebih banyak uap air, sehingga tidak mudah kering seperti pakaian berbahan dasar kapas murni.

5. Lebih sering menyusui 

Saat musim hujan, Ibu dianjurkan untuk lebih sering menyusui si Kecil. Skin to skin contact juga bisa dilakukan bersamaan dengan proses menyusui. Proses kedekatan ini bisa membuat dirinya merasa hangat, apalagi jika proses menyusui ini berlangsung cukup lama.

Sebisa mungkin saat tubuh si Kecil kedinginan, dekap dengan pelukan dan melakukan berbagai cara agar suhu tubuhnya kembali normal ya, Ma.

Perhatikan juga kondisi suhu ruangan dan pakaian yang perlu dikenakan si Kecil agar ia tetap hangat.

Nah, setelah Ibu tahu beberapa cara untuk menghangatkan Si Kecil ini, Ibu juga bisa menggunakan Transpulmin untuk memastikan Si Kecil selalu hangat lho. Transpulmin Baby adalah balsam khusus Si Kecil yang telah dipercaya lebih dari 30 tahun dari bahan alami berupa ekstrak Chamomile dan Eucalyptus yang mampu redakan gejala bapil dan gangguan kesehatan lain.

Balurkan balsam Transpulmin di dada, punggung dan lehernya tipis-tipis untuk mendapatkan manfaatnya. Jangan lupa selalu stock Transpulmin untuk Si Kecil ya bu J

 

Sumber:

https://www.popmama.com/baby/0-6-months/fx-dimas-prasetyo/mulai-memasuki-musim-hujan-ini-cara-agar-bayi-tidak-kedinginan-dan-sakit/5

Kembali ke Kumpulan Artikel