Langkah Ketika Si Kecil Sakit saat Pandemi

March 19, 2021

Pada masa pandemi seperti saat ini, rumah sakit serta fasilitas kesehatan lainnya menjadi tempat paling berisiko yang harus dihindari jika tidak dalam keadaan darurat. Itulah mengapa banyak dokter yang mengimbau masyarakat untuk tidak ke rumah sakit kecuali keadaan benar-benar darurat. Dilansir dari Popmama, dr. Eugenia Permatami Herwansyah, Sp.A memberikan beberapa langkah sebagai pertolongan pertama saat Si Kecil sakit di masa pandemi.

1. Konsultasi virtual sebelum ke rumah sakit

“Untuk kasus non gawat darurat, sekarang kan ada pilihan konsultasi online,” jelas dr. Tami. Jadi, sebelum memutuskan membawa si Kecil ke rumah sakit, Mama bisa melakukan konsultasi dengan dokter Si Kecil secara online terlebih dahulu guna menghindari keramaian yang ada di luar rumah.

Selain itu, dr. Tami menyebutkan bahwa orangtua harus menjelaskan secara detail mengenai sakit yang diderita Si Kecil saat melakukan konsultasi online, hal ini guna menghindari terjadinya salah diagnosis pada si Kecil.

2. Nilai keadaan Si Kecil secara umum

Demam menjadi salah satu penyakit yang mudah diderita oleh Si Kecil, tak jarang ini membuat orangtua panik dan segera membawa Si Kecil mereka untuk mendapat pertolongan pertama di rumah sakit.

Sebelum membawanya ke rumah sakit, Ibu bisa mengecek suhu tubuh Si Kecil terlebih dahulu. Dr. Tami menyebutkan bahwa suhu tubuh normal pada Si Kecil berada sekitar 36,5 sampai 37,5 derajat celcius.

Pastikan keadaan Si Kecil secara umum dengan melihat apakah Si Kecil masih aktif bergerak atau tidak, minum dan makannya rutin atau tidak, serta siklus buang air kecilnya lancar atau tidak.

Mama bisa meminta Si Kecil untuk istirahat total dan juga memberikan kompres air hangat untuk menurunkan panas ditubuhnya. Hindari kompres air dingin atau alkohol ya, Ma. Sebab itu akan membuat Si Kecil tak nyaman dan justru akan meningkatkan suhu tubuhnya.

3. Memastikan asupan makanan dan minum Si Kecil tercukupi

Saat Si Kecil mulai rewel karena sakit yang ia rasakan, Ibu tetap harus memastikan si Kecil mendapat asupan makanan dan minuman sesuai kebutuhan hariannya. Jika Si Kecil mulai susah makan atau malas minum, Mama harus lebih aktif lagi dalam mencukupi asupan hariannya.

Misalnya saat Si Kecil hanya menghabiskan setengah piring porsi makannya, Mama bisa mengganti dengan frekuensi yang lebih sering agar Si Kecil tetap mendapat asupan makanan yang sesuai. Begitu pula dengan minum, agar tak terhindari dari dehidrasi, Ibu harus rajin memberikan Si Kecil minum guna mengembalikan kondisi tubuh yang lebih fit.

4. Rajin mencari informasi mengenai penanganan yang tepat

Panik ketika Si Kecil sakit adalah hal wajar bagi Ibu, namun di saat pandemi ini Ibu harus bisa mengontrol apa yang sebaiknya dilakukan saat Si Kecil sakit.

Sebelum memutuskan membawa Si Kecil ke rumah sakit, Ibu bisa memulai mencari informasi mengenai penanganan yang tepat ketika Si Kecil sakit.

Dengan rajin mencari informasi, ini membuat Ibu bisa lebih tahu apa yang harus dilakukan ketika Si Kecil sakit. Tak melulu harus dibawa ke rumah sakit kok, bu. Penanganan di rumah bisa Ibu lakukan jika dilakukan dengan tepat dan sesuai instruksi yang ada.

Tetapi balik lagi pada kondisi Si Kecil ya, bu. Jika kondisi Si Kecil sakit saat Pandemi dan tak bisa ditangani melalui pengobatan rumahan, maka Ibu bisa segera membawanya ke rumah sakit. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada.

Nah, setelah Ibu tahu beberapa langkah pertolongan pertama ini, Ibu juga bisa menggunakan Transpulmin untuk meredakan gejala pilek dan batuk secara alami lho. Transpulmin Baby adalah balsam khusus Si Kecil yang telah dipercaya lebih dari 30 tahun dari bahan alami berupa ekstrak Chamomile dan Eucalyptus yang mampu redakan gejala bapil dan gangguan kesehatan lain.

Balurkan balsam Transpulmin di dada, punggung dan lehernya tipis-tipis untuk mendapatkan manfaatnya. Jangan lupa selalu stock Transpulmin untuk Si Kecil ya bu!

 

Sumber:

https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/ninda/pertolongan-pertama-saat-anak-sakit-selama-pandemi/6

Kembali ke Kumpulan Artikel