Cegah Si Kecil Tertular Pilek di Musim Hujan

March 5, 2021

Dilansir dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pilek sangat mudah menular dari satu orang ke orang lain yang kontak erat. Misalnya keluarga dalam satu rumah, bila salah satu anggota mengalami pilek akibat tertular dari orang lain di lingkungan kerja, sekolah, atau tempat bermain, maka sebagian besar penghuni rumah dapat tertular. Cegah Si Kecil tertular pilek di musim hujan dengan cara berikut:

Saat berada di luar ruangan, gunakan stroller dan penutupnya

Saat Ibu mengajak Si Kecil berjalan-jalan keluar rumah, letakkan Si Kecil di dalam stroller dan beri pelindung atau penutup stroller. Hal ini untuk melindungi Si Kecil dari orang di sekitarnya yang batuk atau bersin.

Pastikan tangan selalu bersih

Banyak kuman terbawa di tangan. Cuci tangan dan gosok dengan sabun selama 20 detik setelah Ibu membersihkan popok, keluar dari kamar mandi, atau kembali dari tempat umum. Kotoran penuh dengan bakteri dan jika sampai ke mulut Si Kecil, dapat menyebabkan diare dan muntah.

Simpan pembersih tangan berbahan dasar alkohol di dalam tas dan rumah sehingga dapat digunakan oleh Ibu dan beberapa tamu yang berkunjung. Ini nyaman dan sama efektifnya dengan mencuci tangan, kecuali jika tangan terlihat kotor.

Tetap menyusui

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pilek dan infeksi telinga dan tenggorokan yang serius berkurang hingga 63 persen pada bayi yang menyusu secara eksklusif selama enam bulan. Bayi yang menyusu juga lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami infeksi saluran pernapasan dan gangguan perut.

Bersihkan meja atau kereta belanja di tempat umum

Kuman dapat hidup berjam-jam di kereta belanja, pegangan pintu, atau pegangan eskalator. Jadi simpan selalu tisu basah atau pembersih tangan di tas Mama.

Mengikuti jadwal vaksinasi

Mengikuti jadwal vaksinasi adalah cara terbaik untuk mencegah penyakit seperti campak, meningitis, dan cacar air. Terkadang karena kita tidak sering melihat penyakit ini, orangtua berpikir mungkin bayi belum memerlukannya.

Tingkatkan kekebalan tubuh Ibu

Sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup ketika Ibu memiliki bayi baru lahir yang bangun setiap dua jam. Tapi tetap utamakan untuk beristirahat sebentar ya, bu. Pastikan Ibu makan makanan yang bergizi dan tepat waktu. Menjaga kesehatan tubuh membantu melawan penyakit yang bisa ditularkan ke bayi.

Itulah cegah Si Kecil tertular pilek di musim hujan. Nah, tahukah Ibu? Ibu bisa membalurkan Transpulmin Baby untuk meredakan gejala pilek dan batuk Si Kecil secara alami tanpa obat lho! Transpulmin Baby adalah balsam khusus Si Kecil usia 0 – 24 bulan yang telah teruji klinis dan dipercaya lebih dari 30 tahun. Mengandung bahan alami seperti ekstrak chamomile dan Eucalyptus, Transpulmin juga mengandung banyak manfaat seperti meredakan 6 gangguan kesehatan seperti kolik dan pusing serta menghangatkan tubuhnya. Balurkan balsam Transpulmin Baby di dada, punggung dan lehernya tipis-tipis untuk mendapatkan manfaatnya.

 

Sumber:

https://mommiesdaily.com/2021/01/05/7-manfaat-sentuhan-pada-bayi-yang-wajib-mommies-tahu/

Kembali ke Kumpulan Artikel