Bahan Dapur untuk Obat Alami saat Si Kecil Sakit

March 12, 2021

Saat Si Kecil sakit, pasti hal ini membuat Ibu khawatir dan menjadi resah hingga tidak fokus pada apa yang harus dilakukan untuk merawat dia. Sementara merawat Si Kecil yang sedang sakit memang perlu kesabaran dan ketenangan khusus. Namun, apakah Ibu selalu menggunakan obat kimia saat Si Kecil sakit? Padahal ada beberapa bahan dapur untuk obat alami saat Si Kecil sakit lho!

1. Jahe dapat dijadikan obat alami saat Si Kecil sesak napas

Bumbu dapur satu ini tentu sudah dikenal memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Ya, jahe mengandung vitamin C, B6, riboflavin dan antioksidan untuk dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil. Bahkan jahe memiliki kandungan biokimia yang dapat mengendalikan penyebaran rhinovirus penyebab demam.

Selain itu, jahe juga dapat dijadikan obat alami saat Si Kecil sesak napas yang terjadi akibat radang membran mukus. Caranya hanya berikan seperempat sendok teh jahe parut ditambah madu sebanyak tiga kali dalam sehari.

2. Kencur dapat membantu meredakan batuk

Salah satu bumbu dapur yang bisa jadi pilihan saat Si Kecil sakit adalah kencur.

Ya, bumbu dapur ini dapat membantu meredakan batuk dan membuat saluran pernapasan jadi lebih lega.

Cara membuat kencur untuk obat batuk sangat mudah. Parutlah kencur, lalu peras dan ambil airnya. Tambahkan sedikit air, garam dan madu. Jika sudah aduk hingga rata.

Minumlah ramuan tradisional ini 2 kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur agar batuk Si Kecil cepat reda.

3. Temulawak mampu atasi masalah pencernaan

Ternyata kandungan kurkumin dalam temulawak memiliki fungsi anti peradangan yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil.

Selain itu temulawak memiliki efek farmakologi salah satunya yakni bersifat laksatif atau pencahar.

Bahkan sifat anti hepotoksik yang ada pada temulawak bisa diartikan sebagai penangkal keracunan pada empedu.

Jika Si Kecil sedang alami masalah pencernaan seperti perut kembung atau masuk angin, cobalah mengobatinya dengan temulawak.

 

Nah, setelah Ibu tahu beberapa bahan dapur untuk obat alami yang bisa menyembuhkan gangguan kesehatan Si Kecil dan ternyata memang perlu persiapan ekstra, sebenarnya Ibu punya pilihan alami yang lebih praktis dan higienis bernama Transpulmin. Transpulmin Kids adalah balsam khusus anak yang telah dipercaya lebih dari 30 tahun dari bahan alami berupa ekstrak Chamomile dan Eucalyptus yang mampu redakan gejala bapil dan gangguan kesehatan lain.

Balurkan balsam Transpulmin di dada, punggung dan lehernya tipis-tipis untuk mendapatkan manfaatnya. Jangan lupa selalu stock Transpulmin untuk Si Kecil ya, Bu!

 

Sumber:

https://www.popmama.com/kid/1-3-years-old/bella-lesmana/bumbu-dapur-ini-bisa-menjadi-obat-alami-saat-anak-sakit/5

Kembali ke Kumpulan Artikel