Kebiasaan Sehat sebelum Tidur, Yuk Ajarkan Pada Si Kecil!

January 22, 2021

Melakukan kebiasaan sehat sebelum tidur diperlukan agar Si Kecil memiliki kualitas dan kuantitas tidur yang baik. Kebiasaan sehat seperti apa yang perlu dibangun? Yuk, simak penjelasan berikut mengenai beragam kebiasaan sehat sebelum tidur yang bisa diajarkan pada Si Kecil.

Kegiatan yang dilakukan sebelum tidur akan berdampak pada pola tidur Si Kecil. Pola tidur yang baik akan membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada masa pertumbuhan, Si Kecil membutuhkan yang lebih lama, yaitu sekitar 10-11 jam.

Agar waktu tidur Si Kecil lebih berkualitas dan ia pun dapat tumbuh dengan sehat, Ibu bisa mengajarkannya berbagai kebiasaan berikut:

1. Memerhatikan waktu dan jenis makanan sebelum tidur

Makan besar terlalu dekat dengan waktu tidur bisa membuat Si Kecil sulit tidur dan memicu gangguan pada saluran pencernaan, seperti GERD. Untuk mencegahnya, biasakan untuk makan malam selambat-lambatnya 3-4 jam sebelum waktu tidur.

Selain itu, perhatikan juga jenis makanan yang diberikan. Si Kecil sebaiknya tidak mengonsumsi minuman dan makanan berkafein, seperti teh, soda, atau cokelat, secara berlebihan. Hal ini karena kafein bisa mengganggu pola tidurnya.

Sebagai pengganti minuman tersebut, Ibu bisa memberikan susu atau buah sebelum tidur, agar Si Kecil tidak lapar.

2. Menyikat gigi dan membersihkan diri

Jika mulut dan gigi tidak rajin dibersihkan, bakteri bisa berkumpul di mulut dan sela-sela gigi, apalagi setelah sepanjang hari menyantap berbagai jenis makanan. Oleh karena itu, biasakan Si Kecil untuk menyikat gigi sebelum tidur. Kebiasaan ini juga bisa mencegah terjadinya gigi berlubang.

Selain kebersihan gigi dan mulut, Si Kecil juga perlu diajarkan untuk menjaga kebersihan tubuhnya dengan mandi secara rutin. Bunda bisa memandikan Si Kecil dengan air hangat, karena air hangat akan membuatnya lebih mudah mengantuk dan tertidur.

3. Mengganti baju dan membersihkan tempat tidur

Agar Si Kecil lebih nyaman dan siap untuk tidur, Ibu bisa mengganti pakaian Si Kecil dengan piyama atau pakaian tidur, Selain itu, lingkungan kamar dan tempat tidur juga berpengaruh pada kebiasaan tidurnya. Kamar yang bersih dengan suhu kamar yang pas bisa membantu anak untuk tidur dengan nyaman. Jagalah suhu ruangan dalam kisaran 18-24oC agar dia tidur lebih nyaman, dan sebaiknya hindari membawa makanan, mainan, atau gadget ke tempat tidur karena malah bisa membuatnya begadang karena bermain.

4. Membaca cerita

Ibu juga bisa membacakan cerita sebelum tidur. Kebiasaan ini bermanfaat untuk membantu perkembangan kognitif dan kemampuan berbahasa Si Kecil.

Selain itu, interaksi ini juga dapat mempererat hubungan antara Ibu dan Si Kecil. Ibu pun bisa menjadikan momen ini sebagai waktu untuk berbagi cerita dan perasaan dengan Si Kecil.

Meski begitu, perhatikan jenis cerita yang diberikan ya, Bunda. Pilihlah cerita yang menyenangkan dan menginspirasi, serta sebisa mungkin hindari cerita yang menakut-nakuti atau yang penuh masalah.

5. Meredupkan lampu kamar dan matikan gadget

Cahaya biru dari alat elektronik, seperti televisi, komputer, dan smartphone, dapat mengganggu produksi melatonin, yaitu hormon yang berperan dalam pola dan waktu tidur. Ini juga bisa membuatnya susah bangun di pagi hari. Oleh karena itu, jauhkan gadget dari jangkauan Si Kecil setidaknya 1 jam sebelum waktu tidur.

Biasakan juga untuk mematikan lampu kamar Si Kecil, karena ruang tidur yang gelap juga akan meningkatkan produksi melatonin. Bila Si Kecil takut gelap, Ibu boleh meredupkan cahaya di kamar Si Kecil.

6. Memijat Si Kecil dengan Transpulmin

Agar tidur Si Kecil tambah nyenyak dan berkualitas, Ibu bisa memijat lembut Si Kecil dengan balsam Transpulmin Kids. Pijat lembut Si Kecil dengan Transpulmin Kids tipis-tipis di bagian dada, punggung dan lehernya. Dipercaya lebih dari 30 tahun, kandungan eucalyptus dan ekstrak chamomile Transpulmin Kids berikan kehangatan yang legakan saluran napasnya, rileksasi, serta lindungi Si Kecil dari kuman bakteri. Untuk Si Kecil usia 0 – 24 bulan, Ibu dapat berikan Transpulmin Baby, dan untuk kakak usia di atas 2 tahun bisa menggunakan Transpulmin Kids.

Ada beragam kebiasaan sehat sebelum tidur yang dapat memberi dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Lakukanlah kegiatan-kegiatan tersebut pada waktu yang sama setiap hari agar Si Kecil terbiasa. Selain itu, Ibu dianjurkan untuk melakukan kebiasaan sehat yang sama sebagai contoh bagi Si Kecil.

Sumber: https://www.alodokter.com/bunda-yuk-ajarkan-kebiasaan-sehat-sebelum-tidur-pada-anak

Kembali ke Kumpulan Artikel