Panduan Waktu Tidur Si Kecil, Demi Tumbuh Kembang Maksimal

November 1, 2020

Dalam dunia Si Kecil, tidur adalah kegiatan yang sama pentingnya dengan makan, minum, rasa aman, atau bermain. Si Kecil butuh tidur agar tubuhnya beristirahat, segar dan mendapatkan energi baru. Menurut para peneliti di Amerika, pada waktu tidur, otak kita menyaring dan menyimpan informasi, mengganti bahan kimia, dan memecahkan masalah.

Waktu Tidur yang Dibutuhkan

Si Kecil tidak hanya membutuhkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, melainkan juga berapa lama mereka tidur. Kuantitas atau jumlah waktu tidur bayi atau anak pun berbeda-beda, tergantung pada berapa usia mereka, yaitu:

Jika Si Kecil Kurang Tidur

Jika Si Kecil kurang tidur, dampaknya tidak hanya menangis. Studi di Israel menunjukkan bahwa bayi usia 1 tahun yang kurang tidur diduga akan memiliki rentang konsentrasi yang lebih pendek, mudah lupa, dan mempunyai masalah perilaku begitu mereka menginjak usia 3 dan 4 tahun. Tidur dengan waktu yang sedikit juga dipercaya memengaruhi pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuh, hingga mengakibatkan Si Kecil rentan sakit.

Hasil penelitian bidang psikiatri anak di Amerika terhadap 9000 anak usia prasekolah meyakini bahwa kurang tidur dari 9 jam per malam membuat mereka lebih mungkin menunjukkan sikap impulsif, marah-marah, dan tantrum (ledakan emosi atau rasa frustrasi yang disertai dengan ketakutan atau kecemasan), daripada mereka yang cukup tidur di malam hari.

Waktu tidur yang cukup juga memainkan peran penting terhadap perkembangan kognitif buah hati, yaitu kemampuan untuk berpikir dan memahami, mengolah informasi, belajar bahasa, dan lain sebagainya. Pada anak usia sekolah, kurang tidur bisa membuat mereka kurang konsentrasi dalam belajar, bersikap nakal, mendapatkan nilai yang jelek, depresi, hingga hiperaktif.

Tidur yang Berkualitas dan Berkuantitas

Agar Si Kecil bisa tidur nyenyak, lelap, dan sesuai dengan waktu yang dianjurkan, Ibu bisa mempraktikkan beberapa cara jitu sebagai berikut:

Tidur dengan nyenyak tidak hanya bagus untuk perkembangan buah hati, tetapi juga untuk kesejahteraan Ibu. Bayi atau anak yang tidur dengan pulas juga dapat membuat Ibu merasa lebih bahagia, tentram, dan tidur tanpa rasa cemas.

Ibu bisa membalurkan balsam khusus anak untuk Si Kecil sebelum tidur agar tidurnya tambah nyenyak dan berkualitas lho bu! Balurkan Transpulmin ke dada, punggung dan leher Si Kecil untuk membuatnya hangat dan rileks, tidurnya pun tambah nyenyak. Selain itu, Transpulmin juga dapat meredakan gejala bapil secara alami dan mencegah virus serta bakteri dari Si Kecil. Kebaikannya sudah ada dalam satu produk, jadi lebih hemat kan bu! Transpulmin telah dipercaya selama lebih dari 30+ tahun oleh dokter anak sejak tahun 1986.

Untuk Si Kecil usia 0 – 24 bulan, gunakan kehangatan khusus dari Transpulmin Baby dan untuk Si Kecil usia > 2 tahun, gunakan Transpulmin Kids yang punya kehangatan ekstra. Balurkan ke dada, punggung dan leher Si Kecil sebanyak 3-4x sehari untuk menghangatkan dan rileksasi Si Kecil, meredakan gejala bapil serta mencegah virus dan bakteri dari Si Kecil. Gunakan sebelum tidur, setelah mandi, saat terkena gejala bapil dan saat cuaca dingin. Jangan lupa selalu stock Transpulmin untuk Si Kecil ya bu!

Sumber:

https://www.alodokter.com/pentingnya-waktu-tidur-untuk-perkembangan-bayi-dan-anak

Kembali ke Kumpulan Artikel