Si Kecil Tak Pakai Masker Lebih Baik? Begini Alasan Pendukungnya!

August 14, 2020

Si Kecil tak pakai masker, apa tidak berbahaya? Masker merupakan salah satu cara pencegahan infeksi virus corona (Covid-19) yang efektif. Meski demikian, sebaiknya Si Kecil tak pakai masker, apalagi Si Kecil yang berusia di bawah dua tahun. Si Kecil tidak boleh memakai masker karena berbahaya untuk keselamatan. Dilansir dari CNN, Dokter spesialis anak, Caessar Pronocito, menjelaskan sejumlah alasan masker dapat membahayakan Si Kecil. Salah satunya, mengganggu pernapasan.

“Bayi di bawah dua tahun, saluran pernapasannya masih kecil, jadi akan sulit bernapas melalui masker,” kata Caessar dalam webinar RSPI, beberapa waktu lalu.

Kedua, memakai masker meningkatkan risiko sufokasi atau tercekik pada Si Kecil. Caessar menjelaskan bayi belum memahami fungsi masker sehingga dapat memainkan masker dan meningkatkan risiko tercekik.

Ketiga, masker pada Si Kecil tidak bekerja efektif. Hal ini terjadi karena Si Kecil kerap menyentuh masker sehingga perlindungan masker tidak maksimal.

Untuk melindungi bayi dari penyebaran virus, Caessar mengatakan terdapat sejumlah langkah yang bisa dilakukan.

Berikut beberapa langkah melindungi bayi dari penyebaran virus:
– menjaga jarak, minimal 2 meter dari orang lain untuk menghindari droplet
– memberikan penutup atau pelindung tambahan pada stroller
– menggunakan face shield yang aman dan tidak berisiko melukai Si Kecil
– orang tua atau pengasuh harus rajin mencuci tangan saat menyentuh bayi.

Sementara itu, masker baru dapat diajarkan pada Si Kecil yang berusia di atas dua tahun dengan pengawasan dari orang tua.

“Rekomendasi yang ada saat ini menyarankan penggunaan masker dimulai sejak usia 2 tahun,” tutur Caessar.

Nah, jelas juga kalau lebih sering di dalam rumah menjadi jalan terbaik untuk mengurangi risiko tertular. Namun, bagaimana kalau Si Kecil terkena gejala pilek dan batuk? Pasti Ibu langsung panik dan berpikir bahwa Si Kecil perlu diberi obat atau harus dibawa ke dokter. Tenang, Ibu bisa memberikan Si Kecil Transpulmin Baby dengan cara memijatkannya di bagian dada, leher dan punggung untuk membuatnya rileks dan meredakan gejala. Untuk Si Kecil yang berusia di atas 2 tahun, Ibu bisa memberi Transpulmin Kids yang diformulasikan dengan kehangatan ekstra. Transpulmin telah terpercaya dan direkomendasikan para dokter selama lebih dari 30 tahun dan terdiri dan kandungan bahan alami. Sehingga Ibu tidak perlu terburu-buru memberikan Si Kecil obat ya, bu!

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200702094658-255-519897/alasan-bayi-di-bawah-2-tahun-tak-boleh-pakai-masker

Kembali ke Kumpulan Artikel