Penyakit Si Kecil, Ini 5 Jenisnya yang Wajib Ibu Tahu!

August 7, 2020

Penyakit Si Kecil memang bermacam-macam jenisnya. Penyakit pada Si Kecil dianggap wajar karena sistem imun mereka belum berkembang sempurna, sehingga rentan terinfeksi virus dan bakteri. Meski begitu, ibu tetap perlu menjaga kesehatan Si Kecil agar tumbuh kembangnya optimal, terutama pada 1000 hari awal kehidupannya. Lantas, apa saja penyakit si kecil? Simak faktanya di sini, yuk!

  1. Diare

Si Kecil dikatakan diare jika buang air besar (BAB) lebih dari tiga kali sehari, terlebih jika feses yang dikeluarkan cenderung encer. Penyebab diare antara lain: infeksi saluran pencernaan, keracunan atau alergi makanan, infeksi parasit, hingga penyakit iritasi usus. Saat Si Kecil diare, hal yang bisa ibu lakukan adalah tetap memberikannya makanan dan minuman, khususnya cairan yang mengandung garam dan elektrolit (oralit).

  1. Demam

Demam merupakan gejala penyakit yang sering dialami anak. Ini karena seiring pertumbuhannya, demam adalah respon alami tubuh terhadap perubahan yang terjadi pada tubuh Si Kecil. Misalnya, pertumbuhan gigi. Si Kecil dikatakan demam jika suhu tubuhnya lebih dari 37,5 derajat celcius. Ibu bisa mengatasi demam yang dialami Si Kecil dengan mengompres air hangat, memberikan asupan makanan dan minuman yang banyak, menutupi seluruh tubuhnya (misalnya dengan selimut), dan memandikannya dengan air hangat. Sesuai anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesia, ibu baru bisa memberikan obat penurun panas jika suhu tubuhnya sudah mencapai 38 derajat celcius.

  1. Radang Tenggorokan

Jika Si Kecil mengidap radang tenggorokan, ia cenderung sulit untuk menelan, sehingga akan rewel saat hendak makan. Gejala lainnya adalah tenggorokan terasa kering dan gatal, sakit kepala, badan terasa lelah, dan nyeri otot. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri. Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, minum banyak air, dan berkumur air garam adalah cara yang bisa ibu lakukan untuk membantu mengurangi gejala radang tenggorokan pada Si Kecil.

  1. Eksim

Eksim adalah kelainan kulit yang ditandai dengan peradangan atau pembengkakan pada kulit, serta kemerahan dan rasa gatal. Meski tidak menular, eksim bisa menyebabkan rasa enggak nyaman pada bagian kulit yang terkena. Untuk mengatasi eksim, ibu bisa mengoleskan obat oles dan pelembab sesuai anjuran dokter.

  1. Batuk Pilek

Batuk pilek umumnya disebabkan oleh virus atau bakteri yang menginfeksi hidung dan tenggorokan. Meski umumnya tidak berbahaya, batuk pilek dapat mengganggu aktivitas dan istirahatnya. Si Kecil yang biasanya ceria juga bisa jadi terlihat lesu dan tidak bersemangat. Bila seperti ini, Ibu sebagai orang tua pasti merasa sedih dan ingin Si Kecil bisa segera kembali sehat.

Nah, tanpa perlu memberi dia obat, Ibu bisa memijatkan dada, leher dan punggungnya dengan balsam Transpulmin yang telah terpercaya dan direkomendasikan para dokter selama lebih dari 30 tahun dan terdiri dari kandungan bahan alami. Kandungannya berfungsi untuk meredakan gejala pilek dan batuk pada Si Kecil secara alami, serta juga untuk rileksasi. Ibu bisa memberikan dia Transpulmin Kids untuk usia > 2 tahun untuk kehangatan ekstra dan untuk Si Kecil yang berusia 0 – 24 bulan, Ibu bisa memberi Transpulmin Baby untuk kehangatan khusus.

Sumber: https://www.halodoc.com/5-penyakit-yang-sering-menyerang-anak

Kembali ke Kumpulan Artikel