Mengajak Si Kecil Bicara, Ini 5 Manfaatnya!

August 7, 2020

Sering Mengajak Si Kecil bicara ternyata banyak manfaatnya lho, bu! Bayi yang masih kecil memang belum bisa berbicara. Tapi bukan berarti ibu tidak bisa mengajaknya mengobrol, lho. Ibu bisa menceritakan hal apa saja dengan Si Kecil, menunjukkan dia sesuatu, bermain “ci luk ba”, dan lain-lain. Dengan mengamati ekspresi atau gerakan tangan ibu, Si Kecil pun bisa memberi respon yang lucu dan tidak terduga. Jadi, ibu dianjurkan untuk sering-sering mengajak bayi ngobrol, karena kegiatan ini bisa memberi manfaat baik berikut untuk Si Kecil. Apa saja manfaat sering mengajak Si Kecil bicara? Yuk simak di sini!

  1. Membuat Anak Lebih Pintar

Sebuah penelitian menunjukkan Si Kecil yang sering diajak bicara oleh orangtuanya mulai dari usia bayi, akan tumbuh menjadi lebih pintar. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Betty Hart dan Todd Risley, ditemukan 3 hasil penting, yaitu:

Jadi, kedua peneliti tersebut menyimpulkan adanya hubungan yang kuat antara mengajak Si Kecil bicara sejak dini dengan prestasi mereka.

  1. Membantu Si Kecil Cepat Bicara

Sering mengajak ngobrol bayi juga bisa membantu meningkatkan kemampuan. Si Kecil akan tahu lebih banyak kosakata dari memerhatikan dan mendengarkan perkataan yang sering diucapkan kedua orangtuanya, sehingga ia akan terdorong untuk mencoba mengucapkan kata-kata tersebut. Dengan begitu, Si Kecil pun akan bisa bicara di usia yang lebih dini.

  1. Meningkatkan Kemampuan Bahasanya

Masih menurut Hart dan Riley, Si Kecil yang mendengar lebih banyak kata saat ia masih bayi, bisa menggunakan lebih banyak kata saat ia berusia 3 tahun. Pembendaharaan kata bayi yang sering diajak bicara pun lebih luas dan mampu membaca dengan lebih baik dibanding bayi yang jarang diajak ngobrol.

  1. Meningkatkan Ikatan Batin

Dengan rajin-rajin mengajak bayi ngobrol, ikatan istimewa antara orangtua dan Si Kecil akan terjalin semakin erat. Ibu juga bisa mengetahui tumbuh kembangnya dari hari ke hari. Baik bagi ibu yang bekerja, maupun ibu rumah tangga, menyempatkan waktu untuk mengobrol dengan Si Kecil ternyata sangat penting. Si Kecil akan merasa dicintai, diperhatikan dan kelak jika sudah besar, ia akan lebih terbuka dengan orangtuanya.

  1. Mencegah Bayi Rewel

Mengajak Si Kecil mengobrol juga bisa menjadi cara untuk mengajarkan Si Kecil untuk mengungkapkan apa yang ia inginkan. Jadi, ibu nggak perlu bingung lagi jika Si Kecil tiba-tiba rewel. Semakin sering mengobrol dengan Si Kecil, ibu akan lebih memahami gerak-geriknya. Misalnya, saat Si Kecil haus, biasanya ia akan memasukkan jari ke mulut. Ibu juga bisa mengajarkannya bahasa gerakan tubuh yang bisa sama-sama dipahami baik oleh ibu maupun Si Kecil.

Jadi, berbicaralah sesering mungkin dengan anak. Saat mengajaknya ngobrol, tatap matanya sambil menunjukkan berbagai macam ekspresi dan gerakan tangan untuk menarik perhatiannya. Dengan cara tersebut, Si Kecil akan bisa merasakan kasih sayang ibu sekaligus belajar untuk berkomunikasi.

Sambil mengajak Si Kecil bicara, Ibu juga bisa sambil memijatnya supaya ia lebih rileks lho. Pijat Si Kecil dengan Transpulmin Baby di bagian dada, leher dan punggung. Transpulmin Baby adalah balsam bayi dengan kandungan eucalyptus dan ekstrak bunga chamomile yang diformulasikan khusus untuk Si Kecil usia 0 -24 bulan. Transpulmin Baby berfungsi untuk meredakan gejala pilek dan batuk pada Si Kecil dan juga bisa untuk menghangatkan badan serta rileksasi Si Kecil. Untuk Si Kecil usia > 2 tahun, Ibu bisa memberikan Transpulmin Kids untuk kehangatan ekstra ya, bu. Karena beda umur, beda Transpulmin nya. Transpulmin telah terpercaya dan direkomendasikan para dokter selama lebih dari 30 tahun dan terdiri dan kandungan bahan alami.

Selamat lebih sering mengajak bicara Si Kecil bersama Transpulmin ya, bu!

Sumber: https://www.halodoc.com/sering-ajak-bayi-bicara-ini-manfaatnya

Kembali ke Kumpulan Artikel