Menjaga Kesehatan Si Kecil Usia 1-2 Tahun, Ini 4 Tips Mudahnya!

July 31, 2020

Menjaga kesehatan Si Kecil di masa pandemi seperti ini adalah hal yang tak bisa ditawar lagi. Usia 1-2 tahun adalah masa keemasan Si Kecil, karena ini adalah momen 1000 hari kehidupan pertamanya. Di usia ini, segala hal yang didapat memengaruhi tumbuh kembangnya di kemudian hari, bahkan hingga dewasa. Itu mengapa kebanyakan orangtua melakukan yang terbaik demi tumbuh kembang dan kesehatannya yang optimal. Namun di masa seperti ini, tentu kewaspadaan orang tua mengenai kesehatan Si Kecil jadi meningkat. Jadi bagaimana menjaga kesehatan Si Kecil terutama di masa pandemi?

  1. Berikan ASI Eksklusif

Menyusui adalah cara luar biasa bagi ibu dan Si Kecil untuk mempererat ikatan sembari memberi nutrisi paling alami. Namun, menyusui secara langsung mungkin tidak bisa dilakukan oleh semua ibu. Sebab, menyusui membutuhkan banyak waktu dan pengabdian untuk memberikan nutrsi yang menyehatkan. dan menyusui sepanjang waktu. Dilansir dari WebMD, ASI mengandung antibodi yang membantu Si Kecil untuk melawan virus dan bakteri. Hal ini tentunya sangat penting bagi membantu pembentukan kekebalan tubuh Si Kecil yang masih berkembang.

  1. Lakukan Imunisasi

Imunisasi adalah program pemberian vaksin ke dalam tubuh Si Kecil untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit. Pada usia 1-2 tahun, Si Kecil wajib melakukan imunisasi polio, DPT ulangan, MMR (measles, mumps, dan rubella), tifoid, hepatitis A, influenza, varisela, dan pneumokokus.

  1. Jaga Asupan Makanan Si Kecil

Apa yang dimakan Si Kecil memengaruhi kesehatannya, sehingga ibu perlu memerhatikan dan menjaga asupan makanan Si Kecil. Sebenarnya di usia ini, Si Kecil sudah bisa mengonsumsi makanan keluarga, asalkan tekstur makanannya masih lunak. Sebab, ia baru bisa mengonsumsi makanan keluarga saat usianya lebih dari dua tahun. Dilansir dari CDC, ibu perlu memberikan banyak sayuran, buah-buahan, dan produk gandum untuk menjaga kesehatan Si Kecil. Hindari memberikannya gula dan makanan yang mengandung lemak jenuh terlalu banyak. Hindari juga memberikan Si Kecil obat-obatan tidak perlu yang bisa menganggu tumbuh kembangnya.

  1. Perhatikan Waktu Tidur Si Kecil

Tidur bukan sekadar menghilangkan rasa kantuk, tapi juga baik untuk tumbuh kembangnya. Tidur yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh, mendukung tumbuh kembangnya, serta memengaruhi tingkat kognitifnya. Si Kecil yang berusia 1-2 tahun membutuhkan waktu tidur sebanyak 12-14 jam dalam sehari. Ini termasuk jumlah jam tidur siangnya, yakni sebanyak 1-3 jam dalam sehari. Jadi, pastikan agar Si Kecil mendapat kualitas dan kuantitas tidur yang baik guna tumbuh kembangnya yang optimal.

Namun bagaimana kalau Si Kecil terkena gejala pilek dan batuk? Mau diberi obat takut tubuhnya tidak cocok dengan reaksi kimia, mau dibawa ke dokter tambah seram lagi karena pandemi belum berakhir. Nah, Ibu tak perlu langsung panik karena Ibu bisa memijatkan Si Kecil dengan balsam Transpulmin Baby di bagian dada, punggung dan leher untuk meredakan gejalanya. Transpulmin Baby terbuat dari eucalyptus dan ekstrak Bungan chamomile, diformulasikan untuk Si Kecil usia 0 – 24 bulan, dengan kehangatan khususnya meredakan gejala pilek dan batuk serta rileksasi Si Kecil. Jadi, Ibu tak perlu memberikan obat atau terburu-buru ke dokter membawa Si Kecil ya bu! Untuk Si Kecil yang berusia di atas 2 tahun, Ibu bisa memberi Transpulmin Kids yang bisa memberi kehangatan khusus ya bu, karena beda usia, beda Transpulmin nya. Transpulmin telah terpercaya dan direkomendasikan para dokter anak selama lebih dari 30 tahun

Itulah tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan Si Kecil yang berusia 1 – 2 tahun. Tetap jaga kondisi tubuh Si Kecil agar terhindar dari gangguan kesehatan apa pun, ya bu!

Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/4-tips-menjaga-kesehatan-anak-usia-1-2-tahun

Kembali ke Kumpulan Artikel